Program studi sastra Inggris tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca dan menulis serta ketrampilan berkomunikasi, tetapi juga kemampuan analisa dalam menyusun narasi dan menafsirkan makna yang bersifat teks dan non-teks. Lulusan Program studi sastra Inggris Universitas Nasional  memiliki ranah karir profesi yang luas di berbagai bidang mulai dari media hingga bisnis.

  1. Media dan jurnalisme

Media dan jurnalisme cetak dan elektronik menawarkan berbagai macam prospek karir dari pencari berita hingga pembaca berita. Lulusan sastra Inggris dapat membuat tulisan, mengedit teks, membuat ulasan, mempromosikan, membuat subtitle, hingga mengelola media seperti blog.

  1. Penerbitan

Penerbitan masa kini sudah merambah pada sektor digital hingga banyak terbit buku-buku dan jurnal-jurnal elektronik hingga membuka peluang kakir lebih luas. Lulusan sastra Inggris yang bergabung dalam penerbitan dapat masuk di bagian administrasi, produksi, editorial, penerjemahan, marketing, humas, dan penjualan.

  1. Pendidikan

Menjadi tenaga pendidik merupakan salah satu profesi yang banyak diminati. Lulusan sastra Inggris dapat mengajar di sekolah-sekolah maupun tempat-tempat kursus. Dengan meneruskan jenjang pendidikan hingga S2 dan S3, lulusan sastra Inggris juga dapat mengajar di universitas-universitas dan menjadi ahli di bidangnya.

  1. Marketing, periklanan dan PR

Kemampuan berbahasa menjadikan lulusan sastra Inggris dapat bersaing di dunia bisnis terutama dalam bidang marketing, periklanan dan humas karena bidang ini membutuhkan kemampuan analisa, kreativitas dan ketrampilan berkomunikasi yang baik untuk berdiskusi dan berargumentasi dalam membuat keputusan dalam berbisnis.

  1. Pemerintahan

Di pemerintahan, lulusan sastra Inggris dapat bekerja menjadi salah satu staff kedutaan. Selain itu juga dapat menjadi translator atau interpreter yang bertugas menerjemahkan baik teks maupun lisan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.

  1. Seni

Dengan bekal pengembangan imajinasi, lulusan sastra Inggris memiliki kesempatan untuk berkarir di dunia seni dengan menjadi sastrawan, pujangga, atau pelaku seni peran dalam film maupun teater.