BAB I PENDAHULUAN

 

  1. 1. Sejarah dan Perkembangan Fakultas Bahasa dan Sastra

1.1     Sejarah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional (UNAS)

 

Fakutas Bahasa dan Sastra didirikan pada tanggal l Oktober 1949, bernama Fakultas Sastra Indonesia dan Fakultas Sastra Inggris. Pendirian Fakultas ini berkaitan dengan perjuangan sejumlah orang terkemuka di Indonesia yang pada tahun 1946 berhimpun ke dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK) yang kemudian bernama Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK). PMIK saat itu diketuai oleh Mr. Sutan Takdir Alisjahbana dengan tekad bahwa berjuang melalui Pendidikan Nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Guna mewujudkan tekad tersebut mulailah PMIK mengawali usahanya dengan membentuk dua kepanitiaan, yaitu dalam bidang ilmu dan bidang kebudayaan. Panitia Pertama beranggotakan Dr. Johanes Leimena, Ir. TH. Resink, Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Mr. Ali Budiardjo, Poerwadaminta, Ir. Abdul Karim, Prof. Dr. Soetomo Tjokronegoro, dan Mr. Soetikno. Kelompok ini bertugas untuk meneliti bagaimana agar kehidupan ilmu dalam masyarakat dapat digiatkan. Panitia Kedua beranggotakan Noegroho Soedjatmoko, HB Jassin, Mochtar Apin, L. Damais, A. Djohana, Nona Boedihardjo, dan Nona Roekmini Singgih. Mereka bertugas untuk memotivasi dan meningkatkan kegiatan dalam bidang kebudayaan.

Berdasarkan hasil kerja kedua panitia tersebut, pada akhir tahun 1946 PMIK mendirikan SMA sore yang bernama “Republika Indonesia”. Lembaga ini memberi kesempatan kepada pekerja pagi dan mengadakan 20 macam kursus di antaranya kursus ekonomi, hukum, sosiologi, politik, dan filsafat yang secara umum dimaksudkan untuk memberi pemahaman terhadap peranan ilmu pengetahuan kepada setiap warga negara dalam tanggung jawabnya mengisi kemerdekaan.

Dalam waktu yang relatif singkat, usaha pendidikan tadi mendapat sambutan luas dari masyarakat sehingga PMIK tidak dapat menampung seluruh peminat yang jumlahnya makin bertambah. Atas desakan sekitar 400 orang Iulusan SMA Republika Indonesia, 3 tahun kemudian tepatnya 1 Oktober 1949, PMIK mengumumkan dibukanya lembaga pendidikan tinggi AKADEMI NASIONAL yang mengasuh 5 Fakultas yaitu:

(1) Fakultas Sosial Ekonomi dan Politik,

(2) Fakultas Biologi,

(3) Fakultas Matematika dan Fisika,

(4) Fakultas Sastra Indonesia, dan

(5) Fakultas Sastra Inggris.

Kuliah perdana AKADEMI NASIONAL dilakukan secara sederhana dan hikmat pada tanggal 15 Oktober 1949, Kuliah perdana ini akhirnya menjadi momentum yang mengawali perjuangan dan perjalanan sejarah UNIVERSITAS NASIONAL termasuk Fakultas Sastra Indonesia dan Fakultas Sastra Inggris.

Fakultas Sastra Indonesia memiliki status “DISAMAKAN” dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0260/L/1976 tanggal 21 Oktober 1976 yang dikukuhkan kembali melalui S.K. No.088/O/1981 tanggal 23 Februari 1981.

Selanjutnya, Fakultas Sastra Inggris memiliki status “DISAMAKAN” berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 548/S tanggal 22 Desember 1949 dan dikukuhkan kembali dengan S.K. Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 17 tahun 1963.

Kemudian setelah berganti menjadi Fakultas Sastra dengan 3 jurusannya, yaitu Jurusan Sastra Indonesia dan Sastra Inggris tetap memperoleh status “DISAMAKAN” berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0333/ 0/1985. Akan tetapi, Jurusan Asia Timur memperoleh status “TERDAFTAR” berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0392/O/1995 tertanggal 9 September 1985.

Dalam perkembangannya, Fakultas Bahasa dan Sastra ini telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Semula pada tanggal 15 Oktober 1949 bernama Fakultas Sastra Indonesia dan Fakultas Sastra Inggris. Pada tahun 1984 Fakultas Sastra Asia Timur didirikan. Kemudian pada tahun 1985 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 September 1985 No. 0392/0/1985 memuat tentang penggabungan tiga jurusan di bawah Fakultas Sastra yang terdiri atas, yaitu:

  • Jurusan Sastra Indonesia
  • Jurusan Sastra Inggris
  • Jurusan Asia Timur/ Bahasa Jepang.

 

Pada tahun 1998, Fakultas Bahasa dan Sastra, Jurusan Sastra Indonesia dan Jurusan Sastra Inggris sesuai dengan peraturan yang berlaku pada saat itu memperoleh status “AKREDITASI” berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 188/U/1998 tertanggal 7 Agustus 1998, sedangkan Jurusan Asia Timur, Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang rnengalami peningkatan status dari status “TERDAFTAR” menjadi “DIAKUI” berdasarkan keputusan Dirjen DIKTI dengan No.338/DIKTI/KEP/1998 tertangga1 23 September 1998.

Pada tahun 2010 Program Studi D-3 Bahasa Mandarin berdiri, namun Program Studi ini tidak bertahan lama karena lokasi Universitas Nasional terletak di Jakarta Selatan yang jauh dari komunitas etnis Tionghoa, dengan demikian animo masyarakat yang memilih Program Studi tersebut rendah. Karena rendahnya animo masyarakat pada tahun 2016 Program Studi ini ditutup.

Pada tahun 2013—2017, Fakultas ini mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Sastra. Namun pada tahun 2017, dikembalikan berdasarkan SK Rektor No. 233 Tahun 2017 menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra.

Sekarang, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, sesuai dengan Nomenklatur Penamaan Program Studi, Permenristekdikti Nomor 15 Tahun 2017,  memiliki 4 program studi, yaitu:

  1. Program Studi S-1 Sastra Indonesia;
  2. Program Studi S-1 Sastra Inggris;
  3. Program Studi S-1 Sastra Jepang;
  4. Program Studi S-1 Bahasa Korea;

 

Adapun nama-nama Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra sejak awal berdiri hingga sekarang sebagai berikut:

  • Ny. Sulaiman S. K.             (1949—1988)
  • Riris K. Toha Sarumpaet, Ph.D.             (1988—1992)
  • Zulfa Hanum (Pjs)             (1992—1993)
  • H. Gazali Dunia             (1993—1995)
  • H. Djamali Umar (Pjs)             (1995—1996)
  • Prof Dr. J.S. Badudu             (1996—1999)
  • Nana Yuliana, M.A., M.Si.             (1999—2003)
  • Faldy Rasyidie             (2003—2009)
  • Wahyu Wibowo, M.M.             (2009—2013)
  • Evert Haryanto Hilman, M.Hum.             (2013—2017)
  • Somadi Sosrohadi, M.Pd.                          (2017—sekarang)

 

1.2     Visi, Misi Universitas Nasional

Universitas Nasional di dalam melaksanakan tugasnya memiliki tugas mengemban visi dan misi tertentu.

 

1.2.1  Visi

Menjadi Universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk 10 (sepuluh) besar Universitas swasta terbaik  di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2020.

 

1.2.2  Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bertaraf nasional yang dapat bersaing di tataran global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul dalam bidangnya, menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, serta mampu bersaing di pasar tenaga kerja secara nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola organisasi universitas secara transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel yang mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional.
  5. Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahu­an dan teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

 

1.3     Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran dan Strategi Pencapaian Fakultas Bahasa dan Sastra

1.3.1  Visi

Terwujudnya Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, unggul dalam bidang penelitian Kebahasaan, Kesastraan, dan Kebudayaan menuju industri kreatif lokal untuk kepentingan nasional yang kompetitif di era global pada tahun 2025.

 

  • Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan, budaya luhur bangsa untuk menghasilkan SDM yang andal, profesional, serta menguasai bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea.
  2. Mengembangkan dan menetapkan lulusan yang mampu bersaing di bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas unggul dan berwawasan budaya luhur bangsa untuk menghasilkan penemuan dan/atau pembaruan ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang bahasa dan sastra, serta budaya Indonesia, Inggris, Jepang, Korea.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah sosial kemasyarakatan terkait dengan bidang kebahasan, kesastraan, dan kebudayaan.
  5. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional melalui budaya akademik yang etis dan kondusif dengan semangat kewirausahaan.

 

1.3.3  Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian akademik bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea dengan menekankan semangat kearifan lokal dan kepentingan nasional di era global.
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan keilmuan, kekreatifan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea.
  3. Menghasilkan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) di bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea yang tepat dan hasil guna.
  4. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Meningkatkan kemampuan lulusan bekerja secara efektif efisiensi yang mempunyai jati diri kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea.

 

1.3.4  Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Menghasilkan lulusan yang minimal 80%-nya mencapai IPK ³ 3,00;
  2. Menghasilkan lulusan yang minimal 70%-nya dapat diserap di dunia kerja bidang bahasa, sastra, dan budaya, unggul dalam bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea yang kompetitif dengan berlandaskan iman dan takwa.
  3. Menghasilkan berbagai karya inovatif di bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.
  4. Menciptakan kerja sama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri untuk mencapai kesetaraan mutu lulusan.
  5. Menciptakan layanan program akademik kemahasiswaan yang menggunakan sistem tata kelola.

 

STRATEGI PENCAPAIAN

Berbagai strategi yang dipilih dan akan dilaksanakan dalam upaya mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran seperti berikut.

  1. Menyusun rencana strategis empat tahunan yang dilakukan dengan melibatkan stakeholder baik internal maupun eksternal.
  2. Menyusun Rencana Operasional empat tahunan yang merupakan penjabaran program untuk dilaksanakan setiap tahunnya.
  3. Mendukung penyusunan Kurikulum bagi program-program studi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan serta tuntutan pasar.
  4. Menerapkan pola pembelajaran yang seimbang antara kemampuan akademik hard skill dan soft skill.
  5. Meningkatkan kualitas dosen dalam proses pembelajaran.
  6. Menerapkan prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah, dan egalitarian antardosen dan mahasiswa.
  7. Mengganti sarana dan prasarana yang sudah tidak memadai dan menerapkan teknologi informasi mutakhir.
  8. Mengoptimalisasi Unit Penjaminan Mutu di tingkat fakultas dan Tim Penjaminan Mutu di tingkat program studi.
  9. Mendorong staf akademik dan staf pendukung pendidikan dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mengikuti pelatihan-pelatihan keahlian yang dibutuhkan.
  10. Menerapkan sistem evaluasi secara internal dan eksternal.
  11. Melakukan evaluasi kinerja masing-masing unit dan badan normatif fakultas dalam upaya meningkatkan peran dan fungsinya.
  12. Membentuk badan kerja sama dan meningkatkan peran serta fungsi lembaga yang berpotensi untuk mendapatkan dana.
  13. Menyusun dan menerapkan Standard Operational procedure (SOP) dan Manual Operational Procedure (MOP) layanan akademik di masing-masing unit pelayanan.
  14. Mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kinerja organisasi fakultas.
  15. Mendorong dosen dalam meningkatkan kemampuan dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian melalui pelatihan-pelatihan bidang riset.

 

 

 

 

 

 

BAB II ORGANISASI DAN TATA KELOLA

 

2.1     Organisasi

 

Organisasi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional terdiri atas Dekanat yang dipimpin oleh seorang Dekan, dan dibantu oleh Wakil Dekan. Dalam pelaksanaan administrasi dekan dibantu oleh Kepala Tata Usaha. Dalam pelaksanaan akademik dekan dibantu oleh Ketua Program Studi dan sekretaris Program Studi. Selain itu dekanat memiliki kelengkapan-kelengkapan organisasi yang berhubungan dengan koordinatif dengan Dekan dalam menjalankan tugasnya yang memiliki peranan konsultatif dalam pengambilan kebijakan pada Fakultas Bahasa dan Sastra. Lembaga konsultatif itu adalah Senat Fakultas, Unit Penjaminan Mutu (UPM), Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM).

 

Bagan Organisasi Fakultas Bahasa dan Sastra

Dekan
Wakil Dekan
Senat Fakultas
Ka. UPPM
Ka. Unit Penjaminan Mutu
Kepala Tata Usaha
Ketua Prodi

Sastra Indonesia

 

Sekretaris
Ketua Prodi

Sastra Inggris

 

Sekretaris
Ketua Prodi

Sastra Jepang

 

Sekretaris
Ketua Prodi

Bahasa Korea

 

Sekretaris
Dosen
Ka. Lab
Ka. Perpustakaan

 

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

                 

 

 

 

2.2     Personel Pimpinan Fakultas Bahasa dan Sastra Periode 2017–2021

Dekan                                               : Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd.

Wakil Dekan                                    : Drs. Evert H. Hilman, M.Hum.

Ketua Program Studi

Sastra Indonesia                          : Drs. Arju Susanto, M.Pd.

Sastra Inggris                              : Siti Tuti Alawiyah, M.Hum.

Sastra Jepang                              : Dra. Fairuz, S.S., M.Hum.

Bahasa Korea                              : Fahdi Sachiya, S.S., M.A.

Sekretaris Program Studi

Sastra Inggris                              : Evi Jovita, S.S., M.Hum.

Sastra Jepang                              : Wawat Rahwati, S.S., M.Hum.

Kepala Unit Penjaminan Mutu        : Ahmad Mustolih, S.S., M.A.

Kepala Penelitian dan pengabdian

Kepada Masyarakat                         : Dr. Wahyu Wibowo, M.M.

Kepala Laboratorium                       : Suyanti Natalia, S.S., M.Pd.

Kepala Tata Usaha                           : Enjanah, S.S.

 

 

Tugas dan Fungsi                     

 

Seperti pada uraian struktur organisasi di atas masing-masing memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut.

 

  1. Senat Fakultas

Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di Fakultas, diangkat berdasarkan Surat Keputusan Rektor atas usulan Dekan berdasarkan hasil rapat dosen.

 

Tugas pokok dan fungsi Senat Fakultas mencakup:

  • Merumuskan kebijakan akademik Fakultas;
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen;
  • Merumuskan norma dan tolok ukur pelaksanaan kebijakan akademik;
  • Menilai pertanggungjawaban pimpinan Fakultas atas pelaksanaan kebijakan akademik;
  • Memberikan pertimbangan kepada Rektor mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi pimpinan Fakultas;
  • Memberikan pertimbangan kepada Dekan mengenai kasus-kasus pelanggaran etika dan norma kesusilaan dan aturan-aturan lain yang dilakukan oleh anggota civitas akademika yang dapat mencemarkan nama baik Fakultas.

 

  1. Dekan

Dekan mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi.

Dekan menyelenggarakan fungsi:

(1) Mengkoordinasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang terkait dengan penyelenggaran Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, membina dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi;

(2) Mengkoordinasi pencarian sumber pembiayaan untuk peningkatan jenjang pendidikan dan komptensi dosen, kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai instansi atau lembaga termasuk pemanfaatan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam dan luar negeri;

(3) Mengkoordinasi perumusan dan penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

(4) Mengkoordinasi perumusan dan penetapan kebijakan pembinaan dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas;

(5) Mengkoordinasi perumusan dan penetapan kebijakan pembinaan kemahasiswaan di Fakultas;

(6)  Mengkoordinasi penyusunan kurikulum program studi di Fakultas;

(7) Mengkoordinasi dan merencanakan pengurusan ijin operasional, akreditasi program studi, dan Evaluasi Program Studi berbasis evaluasi diri EPSBED atau data universitas di Fakultas;

(8) Menetapkan dosen pengasuh mata kuliah;

(9) Mengusulkan pengangkatan dosen kepada Rektor;

(10) Menetapkan jadwal perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

(11) Mengkoordinasi perancangan kriteria dan penetepan calon mahasiswa baru yang diterima di Fakultas;

(12) Mengkoordinasi penetapan konversi bagi mahasiswa pindahan, mahasiswa aktif kembali, perpanjangan masa studi, dan mahasiswa warga negara asing;

(13) Menetapkan kelulusan ataupun drop out mahasiswa;

(14) Menetapkan pemberhentian mahasiswa yang melakukan tindakan pelanggaran disiplin;

(15) Mengkoordinasi hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah atau swasta, baik di dalam maupun luar negeri atas persetujuan Rektor;

(16) Pembinaan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai tugas pokok dan fungsinya;

(17) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.

 

  1. Wakil Dekan

Wakil dekan mempunyai tugas membantu Dekan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi. Wakil dekan menyelenggarakan fungsi:

(1) Melaksanakan pelaksanaan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang terkait dengan penyelenggaran pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi;

(2) Mencari dan Mengkoordinasi pencarian sumber pembiayaan untuk peningkatan jenjang pendidikan dan komptensi dosen, kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai instansi atau lembaga termasuk pemanfaatan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam dan luar negeri;

(3) Merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;

(4) Merumuskan dan menetapkan kebijakan pembinaan dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas;

(5) Merumuskan dan menetapkan perumusan dan penetapan kebijakan pembinaan kemahasiswaan di Fakultas;

(6) Menyusun kurikulum Program Studi di Fakultas;

(7) Mengkoordinasi dan merencanakan pengurusan ijin operasional, akreditasi program studi, dan Evaluasi Program Studi berbasis evaluasi diri EPSBED atau data universitas di Fakultas;

(8) Mengkoordinasi penetapan dosen pengasuh mata kuliah;

(9) Mengkoordinasi pengusulan pengangkatan dosen kepada Rektor;

(10) Mengkoordinasi penetapan jadwal perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

(11) Merancang kriteria dan menetapkan calon mahasiswa baru yang diterima di Fakultas;

(12) Mengkoordinasi penetepan konversi bagi mahasiswa pindahan, mahasiswa aktif kembali, perpanjangan masa studi, dan mahasiswa warga negara asing;

(13)  Mengkoordinasi penetapan kelulusan ataupun drop out mahasiswa;

(14) Mengkoordinasi penetapan pemberhentian mahasiswa yang melakukan tindakan pelanggaran disiplin;

(15) Mengkoordinasi hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah atau swasta, baik di dalam mapun luar negeri atas persetujuan Rektor;

(16) Mengkoordinasi pembinaan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai tugas pokok dan fungsinya;

(17) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.

 

  1. Ketua Unit Penjaminan Mutu

Ketua Unit Penjaminan Mutu menyelenggarakan fungsi:

(1) Mengkoordinasi pengembangan standar dan penetapan sasaran mutu di Unit kerja Akademik dan/atau non-akademik Unas

(2) Mengevaluasi kinerja sistem manajemen mutu di unit kerja akademik dan/atau akademik

(3) Mengarahkan tindakan perbaikan penerapan sistem manajemen mutu di unit kerja akademik dan/atau akademik

(4) Menyiapkan dan menyusun laporan hasil penerapan sistem manajemen mutu di unit kerja akademik dan/atau non-akademik

(5) Mendokumentasikan dan merekam hasil penerapan sistem manajemen mutu di unit kerja akademik dan/atau non-akademik

(6) Mengunggah materi kegiatan sistem manajemen mutu unit kerja akademik dan/atau akademik di website Unas;

(7) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.

 

  1. Ketua Program Studi

Tugas pokok dan fungsi Ketua Program Studi mencakup:

Menatakelola proses pembelajaran sesuai dengan arahan Dekan, antara lain:

(1) Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan program studi;

(2) Menginformasikan sumber-sumber pembiayaan untuk meningkatkan jenjang pendidikan ataupun kompetensi dosen, kualitas penelitian, dan pengabdian masyarakat dari berbagai institusi atau lembaga termasuk pemanfaatan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ataupun luar negeri kepada dosen;

(3) Menyiapkan, mengembangkan, dan melaksanakan SN-DIKTI;

(4) Mengatur dan melaksanakan pengurusan ijin operasional, akreditasi Program Studi dan PDPT secara berkala;

(5) Merencanakan dan menyiapkan dosen pengasuh mata kuliah;

(6) Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan sistem perkuliahan;

(7) Mengawasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan organisasi himpunan mahasiswa program studi;

(8) Membina dan melaksanakan hubungan dengan orang tua/wali mahasiswa, termasuk alumni;

(9) Membina, mengawasi, mengevaluasi, dan mengarahkan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

(10) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasan;

(11) Dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Ketua Program Studi bertanggung jawab kepada dekan.

 

  1. Sekretaris Program Studi

 

(1) Membantu ketua program studi dalam melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan program studi;

(2) Membantu ketua program studi dalam menginformasikan sumber-sumber pembiayaan untuk meningkatkan jenjang pendidikan ataupun kompetensi dosen, kualitas penelitian, dan pengabdian masyarakat dari berbagai institusi atau lembaga termasuk pemanfaatan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ataupun luar negeri kepada dosen;

(3) Membantu ketua program studi dalam menyiapkan, mengembangkan, dan melaksanakan SN-DIKTI;

(4) Membantu ketua program studi dalam mengatur dan melaksanakan pengurusan ijin operasional, akreditasi Program Studi dan PDPT secara berkala;

(5) Membantu ketua program studi dalam merencanakan dan menyiapkan dosen pengasuh mata kuliah;

(6) Membantu ketua program studi dalam mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan sistem perkuliahan;

(7) Membantu ketua program studi dalam mengawasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan organisasi himpunan mahasiswa program studi;

(8) Membantu ketua program studi dalam membina dan melaksanakan hubungan dengan orang tua/wali mahasiswa, termasuk alumni;

(9) Membantu ketua program studi dalam membina, mengawasi, mengevaluasi, dan mengarahkan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

(10) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah ketua program studi;

(11) Melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Ketua Program Studi bertanggung jawab kepada dekan.

 

  1. Kepala Tata Usaha (KTU)

Tugas pokok dan Fungsi KTU, mencakup:

(1) Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan program studi;

(2) Menyiapkan dan melaksanakan administrasi sistem perkuliahan dan ujian;

(3) Menyiapkan, mendistribusikan, dan melaksanakan administrasi keuangan;

(4) Membina, mengawasi, mengevaluasi, dan mengarahkan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

(5) Menyiapkan dan melaksanakan upload content administrasi akademik serta kemahasiswaan serta alumni dalam website universitas secara berkala;

(6) Menyiapkan data administrasi pengurusan ijin operasional, akreditasi program studi, dan EPSBED/PDPT di fakultas secara berkala;

(7) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasan;

(8) Kepala tata usaha Fakultas dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada dekan melalui wakil dekan.

 

  1. Kepala Laboratorium Bahasa

Tugas pokok dan fungsi Kepala Laboratorium Bahasa mencakup:

(1) Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu perguruan tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan laboratorium praktikum/studio;

(2) Mempersiapkan dan menyusun jadwal praktikum;

(3) Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan pengadaan bahan-bahan praktikum;

(4) Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan pengadaan peralatan praktikum;

(5) Melakukan perawatan, mendokumentasikan, dan menginventarisasi bahan-bahan serta peralatan praktikum secara berkala;

(6) Melaksanakan upload content administrasi dan hasil kegiatan laboratorium dalam website universitas secara berkala;

(7) Mengkoordinasikan dan menjadwalkan tugas-tugas laboratorium;

(8) Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasan;

(9) Dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, Kepala laboratorium praktikum/Studio bertanggungjawab kepada Dekan.

 

  1. Kepala Perpustakaan Fakultas/Universitas

Tugas pokok dan fungsi Kepala Perpustakaan mencakup:

(1) Mengkoordinasi pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu perguruan tinggi yang terkait dengan layanan kepustakaan untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;

(2) Mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan kepustakaan kepada sivitas akademika;

(3) Mengkoordinasikan semua aktivitas kepustakaan di UNAS;

(4) Mengkoordinasikan penyusunan rancangan pengembangan kepustakaan;

(5) Mengkoordinasikan pencarian sumber-sumber pembiayaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan koleksi kepustakaan dari berbagai institusi atau lembaga termasuk pemanfaatan program Corporate Social Responsibilty dalam dan luar negeri;

(6) Menghimpun usulan tentang penyediaan koleksi perpustakaan;

(7) Mengkoordinasikan pengadaan koleksi perpustakaan berdasarkan skala prioritas;

(8) Melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan kepustakaan;

(9) Melakukan pelaporan dan pendokumentasian kegiatan pelayanan kepustakaan;

(10) Melaksanakan unggah materi administrasi dan hasil kegiatan kepustakaan dalam website UNAS secara berkala;

(11) Pembinaan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya; dan Pelaksanaan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Sistem penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Bahasa dan sastra mengacu pada SK Rektor Universitas Nasional No. 17 Tahun 2017 tentang Peraturan Akademik Di Lingkungan Universitas dan Akademi-Akademi Nasional.

3.1     Waktu dan Tempat Kuliah

3.1.1  Waktu Kuliah

Waktu Kuliah Fakultas Bahasa dan Sastra berlangsung dari hari senin sampai sabtu, dengan perincian berikut ini

  1. Pagi—Siang (08.00—17.00 WIB)
  2. Sore—Malam (17.00—21.50 WIB)

 

3.1.2  Tempat Kuliah

Tempat kuliah Fakultas Bahasa dan Sastra terletak di Jalan Sawo Manila, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan, menempati gedung Blok 2, 3, dan 4.

3.2     Sistem Kredit Semester

Fakultas Bahasa dan Sastra menyelenggarakan pendidikan Strata Satu (S-1) dengan menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem ini mulai diterapkan sejak tahun 1984 berdasarkan surat Keputusan Rektor Universitas Nasional No 54 Tahun 1984 (menggantikan sistem paket) dan diperbaharui melalui Keputusan Rektor Universitas Nasional No 139 Tahun 1995 tentang Sistem  Kredit Semester (SKS).

 

 

 

 

 

 

3.2.1  Satuan Kredit Semester (SKS)

3.2.1.1   Satuan Kredit Semester (SKS)

Satuan Kredit Semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program.

3.2.1.2   Bobot Satuan Kredit Semester

3.2.1.2.1   Bobot SKS untuk Mata Kuliah

                 Bobot 1 (satu) sks untuk satu mata kuliah bagi mahasiswa terbagi dalam tiga kegiatan setiap minggu seperti berikut ini:

  1. Kuliah bersemuka (tatap muka) terjadwal selama 50 menit.
  2. Kegiatan akademik terstruktur selama 60 menit
  3. Kegiatan akademik mandiri selama 60 menit

3.2.1.2.2   Bobot SKS untuk Penulisan Skripsi

Bobot untuk penulisan skripsi sebanyak 6 sks per  semester.

3.2.1.2.3   Program per Semester

Program perkuliahan per semester dilaksanakan setiap semester gasal dan genap.

3.2.1.2.4   Perkuliahan Antar-Semester

Perkuliahan antar-semester dilaksanakan pada libur antara semester genap dan gasal.

 

3.2.2  Tujuan Pendidikan Sistem Kredit Semester

3.2.2.1   Tujuan Umum

Tujuan umum penerapan Sistem Kredit Semester di Universitas Nasional adalah menyelenggarakan program pendidikan yang beragam dan fleksibel, sehingga mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan mahasiswa untuk menyongsong  era industri 4.0.

 

3.2.2.2   Tujuan Khusus

  1. Memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengambil mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.
  2. Memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu.
  3. Memberikan kemungkinan terselenggaranya evaluasi kemajuan belajar
  4. Memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengalihkan nilai antarprogram studi, antarfakultas, dan antaruniversitas.
  5. Mempermudah pengembangan kurikulum dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

3.3     Masa Studi Mahasiswa

Masa studi mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional ditetapkan minimal 8 semester maksimal 14 semester diluar masa cuti akademik sesuai dengan SK Rektor No 17 Tahun 2017. Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studi sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, mahasiswa tersebut dinyatakan gagal dan tidak diperkenankan melanjutkan studi. Masa studi mahasiswa yang melanjutkan kuliah di Fakultas Bahasa dan Sastra ditentukan berdasarkan jumlah sks yang belum ditempuh.

3.4     Prosedur Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)

Untuk mengikuti perkuliahan di Fakultas Bahasa dan Sastra mahasiswa wajib mengisi Kartu Rencana Studi. Untuk mahasiswa baru pengisian KRS ditetapkan oleh Ketua Program Studi. Semester selanjutnya akan ditentukan oleh perolehan Indeks Prestasi Semester (IPS). Prosedur pengisian KRS adalah sebagai berikut.

  1. Pengisian KRS dibimbing oleh Pembimbing Akademik (PA)
  2. Pengisian KRS melalui online di website unas.ac.id
  3. Pengesahan KRS dilakukan oleh PA setelah mahasiswa mengisi KRS dan mengunggahnya dalam sistem akademik
  4. Mahasiswa yang tidak mengisi KRS sesuai dengan waktu yang dijadwalkan tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan dan harus mengajukan permohonan cuti.

3.5     Pembimbingan Akademik

Pembimbingan Akademik diberikan oleh dosen Pembimbing Akademik (PA) kepada mahasiswa untuk mengatur rencana kegiatan akademik semester.

 

3.5.1 Fungsi Pembimbing Akademik

  1. Memantau perkembangan studi mahasiswa sejak semester pertama hingga akhir studi melalui sistem akademik universitas;
  2. Memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa untuk dapat menjalani proses studinya tepat waktu;
  3. Menyampaikan laporan secara umum setiap semester kepada Dekan melalui Ketua Program Studi.
  4. Mengarahkan mahasiswa agar mengambil kegiatan-kegiatan terkait Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), dan menyerahkannya pada akhir semester.

3.5.2  Waktu dan Pelaksanaan Bimbingan Akademik

Bimbingan Akademik dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan sekurang-kurangnya 3 kali dalam 1 semester. Jika diperlukan, waktu bimbingan akademik dapat ditambahkan sesuai dengan kesepakatan antara Pembimbing Akademik dan mahasiswa.

3.6     Cuti Akademik

          Cuti akademik adalah masa tidak aktif mahasiswa mengikuti perkuliahan sesuai dengan kalender akademik dengan alasan yang dapat dipertanggung jawabkan.

3.6.1  Persyaratan Cuti Akademik

  1. Mahasiswa tidak diperkenankan mengambil pada semester ke-2.
  2. Mahasiswa tidak diperkenankan mengambil cuti akademik lebih dari 2 semester berturut-turut.
  3. Mahasiswa hanya diperkenankan mengambil cuti akademik maksimal 4 semester.
  4. Mahasiswa telah melunasi biaya registrasi.

3.6.2  Prosedur Pengajuan Cuti Akademik

  1. Mahasiswa mengajukan permohonan cuti kepada Rektor melalui Biro Administrasi Akademik.
  2. Mengisi formulir permohonan cuti akademik yang tersedia di Biro Administrasi Akademik, kemudian formulir cuti disetujui dan ditandatangani oleh Pembimbing Akademik, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, dan Biro Administrasi Keuangan.
  3. Mahasiswa wajib menyerahkan tembusan formulir cuti akademik dan KRS kepada PA, Fakultas, dan BAA.

3.7     Proses dan Evaluasi perkuliahan

3.7.1  Struktur Mata Kuliah

          Mengacu pada permenristekdikti no 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, berikut ini struktur mata kuliah di Fakultas Bahasa dan Sastra.

  1. Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU)

MKWU adalah mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional. MKWU untuk setiap Program Studi di Fakultas Bahasa dan Sastra berjumlah 20 SKS dan wajib diambil 12 SKS.

  1. Mata Kuliah Program Studi (MKPS)

MKPS adalah mata kuliah Program Studi yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa sesuai dengan program studi masing-masing.

  1. Mata Kuliah Pilihan Program Studi (MKPPS)

MKPPS adalah mata kuliah pilihan yang ditawarkan oleh masing-masing Program Studi kepada mahasiswa untuk memilih sesuai minat dan bakat.

3.8     Evaluasi Perkuliahan

          Evaluasi dalam perkuliahan ditentukan berdasarkan komponen penilaian, seperti prilaku 10%, tugas individu/kelompok 20%, UTS 30%, dan UAS 40%.

 

          Interval penilaian adalah sebagai berikut.

  1. Nilai 80 sampai dengan 100 nilai     A
  2. Nilai 77 sampai dengan 79,99 nilai     A-
  3. Nilai 74 sampai dengan 76,99 nilai     B+
  4. Nilai 71 sampai dengan 73,99 nilai     B
  5. Nilai 68 sampai dengan 70,99 nilai     B-
  6. Nilai 64 sampai dengan 67,99 nilai     C+
  7. Nilai 56 sampai dengan 63,99 nilai     C
  8. Nilai 46 sampai dengan 55,99             nilai     D
  9. Nilai < 45,99                         nilai     E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV PROGRAM STUDI, KURIKULUM, DAN DISTRIBUSI MATA KULIAHNYA

Fakultas Bahasa dan Sastra saat ini mempunyai 4 (empat) Program Studi S-1,  Program Studi S-1 tersebut adalah Program Studi Sastra Indonesia, Program Studi Sastra Inggris, Program Studi Sastra Jepang, sedangkan Program Studi Bahasa Korea.

 

4.1     Program Studi Sastra Indonesia

Visi

Terwujudnya Program Studi Sastra Indonesia pada perguruan tinggi Swasta

yang unggul dalam bidang kajian kebahasaan, kesastraan, dan  kebudayan

Indonesia, serta mampu menjadikan industri kreatif  bidang bahasa sastra

pada tahun 2025.

 

Misi

  1. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia melalui proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia yang profesional dan mempunyai jiwa kewirausahaan melalui kebahasaan dan kesastraan.
  3. Membentuk lulusan yang kreatif, inovatif, analitis, dan kritis dalam menyikapi perkembangan bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  4. Membentuk lulusan yang menguasai bahasa dan sastra Indonesia serta mampu mengamalkan kepada masyarakat melalui berbagai media.

 

 

 

Tujuan

  1. Dihasilkannya lulusan yang kreatif, produktif, profesional dan inovatif di bidang kebahasaan, kesastraan dan kebudayaan Indonesia, serta mampu mengamalkan ilmunya di masyarakat global.
  2. Dihasilkannya Sumber Daya Manusia yang profesional dan mempunyai jiwa kewirausahaan melalui pemahaman kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia.
  3. Dihasilkannya lulusan yang kreatif, inovatif, analitis, dan kritis dalam menyikapi perkembangan bidang ilmu bahasa, sastra, dan  kebudayaan Indonesia.
  4. Dihasilkannya lulusan yang menguasai bahasa dan sastra Indonesia serta mampu mengamalkannya kepada masyarakat melalui berbagai media.

 

Ketua Program Studi     : Drs. Arju Susanto, M.Pd.

Sekretaris                      : —

 

Staf Pengajar

No. Nama Dosen Inisial No. Induk Dosen (NIDN)
1 Abdul Rozak Zaidan, Drs., M.Hum. ARZ 060183067
2 Arju Susanto, S.S., M.Pd. AS 0106070774
3 Edy Sutanto, Drs., M.Hum. ES 0104950568
4 Iskandarsyah, S.S., M.Hum. I 0104080782
5 Kasno Atmo Sukarto, M.Pd., Dr. KAS 060192657
6 Kurnia Rachmawati, M.A. KR 060118017
7 Soen Ailing, M.A., Ph.D SA 060410098
8 Somadi Sosrohadi, Drs., M.Pd. SS 0104840085
9 Sukirno, S.S., M.Pd. S 0112150862
10 Wahyu Wibowo, S.S., M.M., Dr. WW 0106070775
11 Waslam, S.S., M.Si. WA  
12 Yayah B. Lumintaintang, Dra., A.P.U. Y  
13 Zaenal Arifin, M.Hum., Dr., Prof. ZA 060105007

 

 

KURIKULUM OPERASIONAL

No. Mata Kuliah Wajib Universitas SKS Kode Keterangan
1 Pendidikan Kewarganegaraan 2 17000101  
2 Bahasa Indonesia 2 17000102  
3 Agama 2 17000103  
4 Olah Raga/Seni*   17000104 Pilihan
5 Konservasi Lingkungan * 2 17000105 Pilihan
6 Pendidikan Antikorupsi *   17000106 Pilihan
7 Kewirausahaan 2 17000107  
8 Bahasa Inggris/TOEFL 2 17000108  
9 Pendidikan Pancasila 2 17000109  
    14   14

 

No. Mata Kuliah Program Studi SKS Kode Keterangan
1 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia 2 17000110  
2 Pemahaman Lintas Budaya 2 17000111  
3 Estetika 2 17000112  
4 Retorika 2 17000113  
5 Pengantar Linguistik Umum 4 17000201  
6 Fonologi 4 17000202  
7 Morfologi 4 17000203 20
8 Sintaksis 4 17000204  
9 Semantik 4 17000205  
10 Sosiolinguistik 2 17000206  
11 Sosiopragmatik 2 17000207  
12 Psikolinguistik 2 17000208  
13 Perencanaan Bahasa 2 17000209  
14 Aliran Linguistik 2 17000210  
15 Leksikografi 4 17000211 22
16 Wacana 4 17000212  
17 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2 17000213  
18 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) 2 17000214  
19 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2 17000215  
20 Menulis 4 (Kewartawanan) 2 17000216  
21 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) 2 17000217  
22 Penyuntingan I 4 17000218  
23 Penyuntingan II 4 17000219 22
24 Pengantar Ilmu Sastra 4 17000220  
25 Sejarah Sastra Indonesia 2 17000221  
26 Teori Sastra 2 17000222  
27 Telaah Prosa 4 17000223  
28 Telaah Puisi 4 17000224  
29 Telaah Drama 4 17000225 20
30 Sosiologi Sastra 2 17000226  
31 Psikologi Sastra 2 17000227  
32 Kritik Sastra 4 17000228  
33 Apresiasi Sastra 2 17000229  
34 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4 17000230  
35 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 17000231  
36 Pembelajaran Mikro* 2 17000232  
37 Pembelajaran Makro* 2 17000233 20
38 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 17000234  
39 Tata Persuratan Dinas 2 17000235  
40 Dasar-dasar Filsafat 2 17000236  
41 Sejarah Pemikiran 2 17000237  
42 Kehumasan 2 17000238  
43 Metode Penelitian 4 17000239  
44 Seminar Proposal 4 17000240  
45 Skripsi 6 17000241 24
    128    

 

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

 

 

Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Wajib Universitas
2 17000102 Bahasa Indonesia 2 Wajib Universitas
3 17000103 Pendidikan Agama 2 Wajib Universitas
4 17000110 Perkembangan Masyakat dan Kesenian Indonesia 2 Wajib Program Studi
5 17000201 Pengantar Linguistik Umum 4 Wajib Program Studi
6 17000220 Pengantar Ilmu Sastra 4 Wajib Program Studi
7 17000221 Sejarah Sastra Indonesia 2 Wajib Program Studi
8 17000236 Dasar-Dasar Filsafat 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-1 20  
Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000104 Olah Raga Seni ** 2 Pilihan Universitas
2 17000105 Konservasi Lingkungan ** 2 Pilihan Universitas
3 17000106 Pendidikan Antikorupsi** 2 Pilihan Universitas
4 17000107 Kewirausahaan 2 Wajib Universitas
5 17000109 Pendidikan Pancasila 2 Wajib Universitas
6 17000111 Pemahaman Lintas Budaya 2 Wajib Program Studi
7 17000202 Fonologi 4 Wajib Program Studi
8 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) 2 Wajib Program Studi
8 17000222 Teori Sastra 2 Wajib Program Studi
10 17000223 Telaah Prosa 4 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-2 20  
Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000203 Morfologi 4 Wajib Program Studi
2 17000206 Sosiolinguistik 2 Wajib Program Studi
3 17000209 Perencanaan Bahasa 2 Wajib Program Studi
4 17000210 Aliran Linguistik 2 Wajib Program Studi
5 17000214 Menulis 2 ( Penulisan Ulasan) 2 Wajib Program Studi
6 17000224 Telaah Puisi 4 Wajib Program Studi
7 17000226 Sosiologi Sastra 2 Wajib Program Studi
8 17000230 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra 4 Wajib Program Studi
9 17000235 Tata Persuratan Dinas 2 Wajib Program Studi
10 17000305 T0EFL Preparation 1** 2 Pilihan Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-3 24  

 

 

 

 

 

 

Semester 4
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL 2 Wajib Universitas
2 17000204 Sintaksis 4 Wajib Program Studi
3 17000207 Sosiopragamtik 2 Wajib Program Studi
4 17000208 Psikolinguistik 2 Wajib Program Studi
5 17000212 Wacana 4 Wajib Program Studi
6 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) 2 Wajib Program Studi
7 17000225 Telaah Drama 4 Wajib Program Studi
8 17000227 Psikologi Sastra 2 Wajib Program Studi
9 17000231 Media Pembelajaran Bahasa 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-4 24  
Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000205 Semantik 4 Wajib Program Studi
2 17000211 Leksikografi 4 Wajib Program Studi
3 17000112 Estetika 2 Wajib Program Studi
4 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) 2 Wajib Program Studi
5 17000218 Penyuntingan 1 4 Wajib Program Studi
6 17000228 Kritik Sastra 4 Wajib Program Studi
7 17000232 Pembelajaran Mikro 2 Pilihan Program Studi
8 17000237 Sejarah Pemikiran 2 Wajib Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-5 24  

 

 

 

Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) 2 Wajib Program Studi
2 17000219 Penyuntingan 2 4 Wajib Program Studi
3 17000229 Apresiasi Sastra 2 Wajib Program Studi
4 17000232 Pembelajaran Makro 2 Pilihan Program Studi
5 17000239 Metode Penelitian 4 Wajib Program Studi
6 17000301 Pembelajaran BIPA** 2 Pilihan Program Studi
7 17000302 Bahasa Mandarin 1** 2 Pilihan Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-6 16  

 

Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000113 Retorika 2 Wajib Program Studi
2 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 2 Wajib Program Studi
3 17000239 Kehumasan 2 Wajib Program Studi
4 17000240 Seminar Proposal 4 Telah Lulus Metode Penelitian
5 17000303 Bahasa Mandarin 2** 2 Pilihan Program Studi
6 17000304 Filsafat Bahasa** 2 Pilihan Program Studi
7 17000306 TOEFL Preparation 2* 2 Pilihan Program Studi
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-7 10  

 

 

Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 17000241 Skripsi 6 Telah Lulus Metode Penelitian dan minimal telah memiliki 122 sks
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-8 6  

 

 

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP)

No. Kode MK Mata Kuliah KKNI Deskripsi
1 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan Muatan Materi mata kuliah ini meliputi identitas nasional dan integrasi nasional Indonesia, hak dan kewajiban warga negara, negara dan konstitusi, demokrasi dan pendidikan demokrasi, HAM dan rule of law, wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia, otanomi daerah serta Ketahanan Nasional Indonesia (geostrategi Indonesia).
2 17000102 Bahasa Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang ejaan, diksi, tata kalimat dan tata paragraf serta pengenalan penulisan ilmiah dan nonilmiah baik artikel maupun skripsi.
3 17000103 Pendidikan Agama Konsep keutuhan dalam Islam. Hakikat manusia dalam Islam. Keimanan dan Ketakwaan. Aqidah, Syariah, Ibadah,  Sumber Hukum Islam, Etika Moral dan Akhlak, Iptek dan Seni Dalam Islam
4 17000104 Olah Raga/Seni* Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai pengantar olahraga dan seni: definisi olahraga dan kesenian, aspek-aspek filasafat ilmu dalam olahraga dan seni, seperti aspek ontologi, epismologi dan aksiologi. Konsep keunggulan komparatif olahraga dan kesenian, hakekat kegunaan ilmu olahraga dan kesenian.
5 17000105 Konservasi Lingkungan* Mata kuliah konservasi Alam dan Lingkungan membahas prinsip-prinsip umum konservasi alam dan lingkungan (Konsep konservasi alam, Konsep Ekologi, Keakayaan alam Indonesia); Pembangunan berkelanjutan dan permasalahan lingkungan (Pembangunan berkelanjutan, Ekonomi hijau, Konstitusi hijau, Permasalahan Lingkungan; Program konservasi dan etika lingkungan (Program konservasi in-situ di Indonesia, Program konservasi ex-situ di Indonesia, Kebun binatang, Etika lingkungan); Kondisi lingkungan di Indonesia (Kondisi lingkungan perkotaan, Kondisi lingkungan pedesaan, Kondisi lingkungan kawasan hutan alam).
6 17000106 Pendidikan Anti Korupsi * Merupakan salah satu mata kuliah pilihan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan kajian dari sebuah disiplin ilmu hukum dan sosial politik. Tujuan dari adanya matakuliah ini ialah; agar mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk korupsi, faktor penyebab tindakan korupsi, sanksi pidana atas korupsi, penanganan terhadap tindakan korupsi, dan pembentukan karakter mahasiswa yang anti terhadap korupsi.
7 17000107 Kewirausahaan Mata kuliah ini bertujuan mengubah pola pikir mahasiswa agar menjadi pribadi yang tangguh dan siap bersaing dalam dunia  enterprenership.
8 17000108 Bahasa Inggris/TOEFL Mata kuliah ini mengukur kecakapan bahasa Inggris mahasiswa pada tingkat lanjut yang berkonsentrasi pada ke empat kemahiran utama yaitu listening, speaking, reading, writing dan struktur bahasa Inggris.
9 17000109 Pendidikan Pancasila Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
10 17000110 Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang konsep-konsep keindahan, teori-teori kesenian dan perbedaan pendekatan antara kesenian barat dan timur,sistem kesenian Indonesia, seni-seni tradisional dan semangatseni tradional Indonesia modern, problematika kesenian dan apresiasinya
11 17000111 Pemahaman Lintas Budaya Mata kuliah ini berisi mengenai pengenalan tentang keaneka ragaman budaya di dunia secara umum khususnya  Budaya Indonesia dan pemahaman terhadap nilai-nilai yang berlaku secara global.
12 17000112 Estetika Mata kuliah ini diproyeksikan untuk memberikan dasar pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat dan prinsip-prinsip keindahan, terutama yang tertuang dalam karya seni. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang (1) prinsip dan hakikat estetika, (2) estetika dalam karya seni, dan (3) kajian estetika dalam kehidupan sehari-hari.
13 17000113 Retorika Mata kuliah ini berisi tentang teknik berorasi/berpidato dengan keterampilan  public speaking khususnya di bidang bahasa dan sastra, serta memilih kata yang tepat dan sesuai dengan konteks dan situasinya.
14 17000201 Pengantar Linguistik Umum Mata kuliah ini berisi tentang pengertian sistem bahasa, objek  kajian linguistik dan bidang-bidang interdisipliner, pengertian fonologi dan objek kajiannya, klasifikasi bunyi dan pemetaannya, identifikasi unsur bunyi segmental dan supra segmental, kajian morfologi, klasifikasi morfem bebas dan morfem terikat, kajian kelas kata, kata benda, kata sifat, kata kerja, kajian objek kajian sintaksis, hierarki gramatikal, dan mengklasifi kasikan jenis kalimat, pengertian dan objek semantik, jenis makna dan relasi makna, medan makna dan komponen makna, tokoh-tokoh linguistik dan alirannya, memetakan aliran tradisional, strukturalisme dan transformasio nalis.
15 17000202 Fonologi Mata kuliah ini berisitentang tata bunyi, vokal dan konsonan, variasi bunyi, segmental, supra segmental, manfaat fonologi dalam penyusunan ejaan bahasa Indonesia.
16 17000203 Morfologi Mata kuliah ini berisi tentang pengertian  morfofonemnik, urutan afiksasi,  kategori dan transposisi, bentuk, fungsi, dan makna afiks makna  prefiks ber-, prefiks  meng-, di-, ke-; per-, peng-, se-, ter-, sisipan –an, -anda, i, -kan, -wan, -in, dan an,imbuhan terbelah, nonterbelah, kategori  adjektiva, ciri  perilaku semantisnya, perilaku sintaksisnya, kategori adverbia, adverbia tunggal, gabungan, dan perilaku sintaksisnya, morfofonemikafiks nomina, morfologi dan semantis nomina turunan, serta kontras antarnomina.
17 17000204 Sintaksis Mata kuliah ini berisi tentang struktur sintaksis serta satuan-satuannya, bentuk wacana, jenis dan unsur-unsur wacana,  jenis kalimat dan pola kalimat serta analis berdasarkan fungsi, makna, dan kategori kata, analisis hubungan klausa koordinatif dan subkoordinatif, analisis jenis frasa, bentuk frasa, jenis dan unsur-unsur frasa, analisis kelas, fungsi, dan kategori kata.
18 17000205 Semantik Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan perbedaan ruang lingkup semantik, konsep makna, bentuk dan referen dalam bahasa Indonesia, makna, sinonim, antonimi, homonimi dan hiponimi bahasa Indonesia, polisemi, metonomia dan dapat menganalisis komponen semantik dalam bahasa Indonesia, teori semantik dan mampu menganalisis yang berkaitan dengan semantik.
19 17000206 Sosiolinguistik Mata kuliah ini berisi tentang masyarakat tutur, variasi bahasa, kedwibahasaan dan diglosia, sikap bahasa, pergeseran bahasa dan pemertahanannya, etnografi sebagai sarana komunikasi, pemakaian bahasa dalam konteks sosial dan budaya.
20 17000207 Sosiopragmatik Mata kuliah ini berisi tentang definisi sosiopragmatik, sejarah  dan  latar belakang  lahirnya sosiopragmatik,  perbedaan  titik sorot sosiopragmatik, semantik dan linguistik struktural, teori tindak tutur, komponen tindak tutur, terhadap ujaran,  komponen peristiwa tutur, perbedaan  deiksis persona, deiksis  tempat, deiksis waktu, dan deiksis sosial, pengertian kerja sama percakapan Greice, pengertian implikatur, jenis implikatur,  praanggapan, dan perikutan, serta aplikasinya dalam latar, situasi, dan tingkatan sosial penggunaannya.
21 17000208 Psikolinguistik Mata kuliah ini pengertian psikologi sastra, asal-usul psikologi sastra, macam-macam kajian psikologi sastra, objek psikoanalisa, dan semua unsur yang berhubungan dengan kajian karya sastra dengan sikap/karakter para tokohnya, penerapan kajian psikologi sastra terhadap berbagai macam karya sastra Indonesia.
22 17000209 Perencanaan Bahasa Mata kuliah ini berisi tentang garis haluan, strategi dan rancangan alternatif,  pelaksanaan  pengembangan sandi bahasa, pemakaian bahasa, fungsi politik bahasa nasional, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, fungsi sosio linguistik bahasa, bahasa perhubungan luas, bahasa untuk tujuan khusus, bahasa dalam dunia pendidikan, masalah bahasa nasional,bahasa daerah dan bahasa asing, serta praktik perencanaan bahasa.
23 17000210 Aliran Linguistik Mata kuliah ini mempelajari studi ilmiah kebahasaan,teori kebahasaan, linguistik sinkronik dan diakronik, struktural, dan migrasi bahasa.
24 17000211 Leksikografi Mata kuliah ini berisi tentang definisi leksikografi, jenis-jenis  leksikografi, pengertian leksikografi dan istilah, sejarah  perkamusan, fungsi  dan tujuan leksikografi, studi referensi, kegunaan kamus,  terjemahan dan penyusunan kamus, fungsi ejaan dalam penyusunan kamus, kata dan istilah, istilah umum dan istilah khusus, sejarah peristilahan Indonesia,  persyaratan pemilihan kosakata, langkah-langkah pembentukan istilah, perubahan makna leksikal komponen makna leksikal ketaksaan dan nilai rasa kata, latar belakang penyusunan kamus, korpus data, sumber data, pengumpulan data, pengolahan data, definisi lesikografis, sinonim, definisi logis, definisi ensiklopedis, penyajian kamus, penentuan entri, dan penyusunan kamus.
25 17000212 Wacana Mata kuliah ini berisi cakupan wacana, pembeda wacana, mengidentifikasikan unsur-unsur eksternal wacana, menjelaskan kohesi dan koherensi wacana dan struktur wacana, keutuhan struktur wacana, menandai aspek koherensi  mengidentifikasi tema, topik, dan judul mempraktikkan proses topikalisasi, metode pragmalinguistik dan konten, serta dengan metode deksriptif teori bahasa antara teks dan konteks, referensi dan inferensi dalam kewacanaan, serta praktik analisis wacana
26 17000213 Menulis 1 (Kemahiran Menulis) Mata kuliah ini berisi tentang  teoretis dan praktis penulisan dengan jenis paparan deskriptif, ekspositoris, argumentatif, naratif, dan persuasif, kritis tipe, gaya, dan tata permainan bahasa tulis terkait dengan dunia akademik dan dunia profesi,  penulisan ditinjau dari tipe, gaya, dan tata permainannya, pertalian erat antara tindak penulisan dan etika ilmiah.
27 17000214 Menulis 2 (Penulisan Ulasan) Mata kuliah ini berisi tentang penilaian sebuah karya, teknik mengulas, kerangka penulisan ulasan, praktik mengulas.
28 17000215 Menulis 3 (Penulisan Kreatif) Mata Kuliah ini  berisi tentang  penjelasan berbagai manfaat menulis bagi dirinya sebagai modal yang harus dimiliki penulis berupa kekayaan bahasa, imajinasi, wawasan, kepekaan perasaan, dan kepekaan terhadap lingkungan melalui praktik bermetafora dengan alam, olah sukma, menuliskan sinonim/antonim kata, serta berbagai  hasil amatan terhadap lingkungan.
29 17000216 Menulis 4 (Kewartawanan) Mata kuliah ini berisi tentang hubungan antara bahasa, bentuk-bentuk tata permainan bahasa kewartawanan, dan profesi wartawan, gaya, dan tata permainan bahasa kewartawanan, penulisan, jurnalistik/kewartawanan ditinjau dari tipe, gaya, dan tata permainannya, etika jurnalistik, dan kode etik jurnalistik.
30 17000217 Menulis 5 (Teknik Penulisan Artikel Ilmiah) Mata kuliah ini berisi tentang penulisan karya ilmiah, format penulisan, proses berpikir deduktif, induktif yang tercermin dalam karya ilmiah, ciri karangan ilmiah, langkah penulisan karya ilmiah artikel jurnal.
31 17000218 Penyuntingan I Mata kuliah ini berisi tentang, praktik penyuntingan bahasa, baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana sehingga mahasiswa mampu menyunting berbagai naskah dengan berpola pada aturan universal maupun selingkung.
32 17000219 Penyuntingan II Mata kuliah ini lanjutan dari mata kuliah penyuntingan 1 berisi tentang, praktik penyuntingan bahasa, baik ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraf, maupun wacana sehingga mahasiswa mampu menyunting berbagai naskah dengan berpola pada aturan universal maupun selingkung.
33 17000220 Pengantar Ilmu Sastra Mata kuliah ini berisi tentang pengertian ilmu sastra, teori sastra,  kritik sastra, dan sejarah sastra sebagai cabang ilmu sastra, kajian sastra berdasarkan jenis, isi, bentuk, tema, pengertian kritik sastra, dasar-dasar kritik sastra, dan terapan kritik sastra Indonesia, dasar-dasar pengertian teori sastra dan aliran sastra modern.
34 17000221 Sejarah Sastra Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang pengertian, hakikat dan kedudukan sejarah sastra Indonesia, periodisasi sejarah sastra Indonesia, konsep sejarah sastra Indonesia, membuat pemetaan sejarah sastra Indonesia.
35 17000222 Teori Sastra Mata kuliah ini berisi tentang pengertian ilmu sastra, teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra sebagai cabang ilmu sastra, karya sastra berdasarkan jenis, isi, bentuk, tema, pengertian kritik sastra, dasar-dasar kritik sastra, dan terapan kritik sastra Indonsia,  pengertian teori sastra dan aliran sastra modern.
36 17000223 Telaah Prosa Mata kuliah berisi tentang pengertian/hakikat prosa,penelaahan struktur prosa,mencakup tokoh, alur, latar, tema, dan sudut pandang, kepengarangan, serta telaah prosa kaitannya dengan ilmu lain (terapan). Telaah prosa sebagai ilmu, genre sastra yaitu prosa, puisi dan drama,  unsurintrinsik dan ekstrinsik prosa, dan telaah karakter(psikologi prosa), serta sosiologi dalam prosa.
37 17000224 Telaah Puisi Mata kuliah ini berisi tentang pengertian, unsur-unsur dan jenis-jenis  puisi, jenis puisi tradisional,dan puisi modern, menjelaskan dan mengapresiasikan karya puisi, penulisan naskah puisi dan dapat menganalisisnya baik  puisi tradisional maupun puisi modern, penganalisisan puisi tradisioanl maupun modern.
38 17000225 Telaah Drama Mata kuliah ini berisi tentang pengertian drama, unsur-unsur drama sebagai karya sastra, jenis-jenis drama, jenis-jenis teater tradisional yang ada di Indonesia, kritik drama baik naskah maupun panggung.
39 17000226 Sosiologi Sastra Mata kuliah ini berisi tentang hakikat dan kedudukan sosilogi sastra dalam  studi ilmu-ilmu sastra, hubungan antara sosiologi dan sastra, hubungan telaah sastra dengan pengarang, pelaporan hasil analisis dan telaah sastra.
40 17000227 Psikologi Sastra Mata kuliah ini pengertian psikologi sastra, asal-usul psikologi sastra, macam-macam kajian psikologi sastra, objek psikoloanalisa, dan semua unsur yang berhubungan dengan kajian karya sastra dengan sikap/karakter para tokohnya, menerapkan kajian psikologi sastra terhadap berbagai macam karya sastra Indonesia.
41 17000228 Kritik Sastra Mata kuliah ini berisi tentang kritik impresionistik dan kritik akademik. Kritik judisial dan kritikinduktif. Kritik sastrawan dan metode ganzheit. Kritik sastra feminisme dalam sastra Indonesia.
42 17000229 Apresiasi Sastra Mata kuliah ini berisi tentang mengapresisaikan suatu karya dalam bentuk drama, karya, film dan video.
43 17000230 Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Mata kuliah ini berisi tentang landasan pengajaran bahasa dan sastra yang berkaitan dengan Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Selain itu hal yang berkaitan dengan desain kurikulum baik makro maupun mikro.
44 17000231 Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Mata kuliah ini  berisi tentang konsep media pembelajaran bahasa dan sastra, pengembangan, dan memilih serta, menganalisis berbagai media pembelajaran bahasa dan sastra untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran bahasa dan sastra.
45 17000232 Pembelajaran Mikro Mata kuliah ini berisi tentang desain langkah-langah pembelajaran bentuk mikro pembelajaran dalam kemahiran berbahasa Indonesia
46 17000233 Pembelajaran Makro Mata kuliah ini berisi tentang desain kurikulum pengajaran mencakup makro pembelajaran bahasa kemahiran berbahasa Indonesia.
47 17000234 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Mata kuliah ini berisi tentang teknik evaluasi dalam pembelajaran, baik yang bersifat ujian maupun nonujian pendidikan bahasa, dan teknik-teknik konstruksi tes bahasa.
48 17000235 Tata Persuratan Dinas Mata kuliah ini berisi tentang  jenis-jenis surat, format surat dinas, bagian-bagian surat dinas, pemakaian bahasa dalam surat dinas dan praktik pembuatan surat.
49 17000236 Dasar-dasar Filsafat Mata kuliah ini berisi penjelasan tentang wawasan, kebenaran melalui perspektif ilmu filsafat, ilmu pengetahuan yang tidak bebas nilai, dan semua cabang ilmu pengetahuan memiliki kedudukan yang sejajar, pengertian filsafat, objek filsafat, metode filsafat, peranan dan tujuan filsafat, cabang-cabang filsafat, yaitu epistemologi, metafisik,  logika,  etika, dan estetika aliran-aliran filsafat, mencakup idealisme, rasionalisme, dan  materialisme, hubungan filsafat dengan ilmu-ilmu lain.
50 17000237 Sejarah Pemikiran Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan sejarah munculnya Islam modern, pendekatan pemikiran modern, faham dinamisme, modernisasi pendidikan, menuju teologi pembebasan, tradisionalisme sekulerisme, rasional, kosmopolitan, perkembangan dan peta pemikiran modern dunia dan Indonesia serta memberikan apresiasi terhadap pemikiran-pemikiran tersebut.
51 17000238 Kehumasan Mata kuliah ini berisi tentang manajemen kehumasan, promosi produk baik barang maupun jasa dan rancangan tahapan kerjanya. Membuat konsep-konsep pemasaran dan model-model promosi produk, serta mampu menyusun proposal  manajemen kehumasan secara efektif.
52 17000239 Metode Penelitian Mata kuliah ini berisi tentang batasan penelitian, jenis penelitian yang sesuai dengan ilmu humaniora, langkah-langkah kerja dalam penelitian, metode ilmiah, kajian kepustakaan, sistem perujukan, penyusunan daftar pustaka, pembuatan abstrak dan rancangan penyusunan proposal penelitian baik dalam bidang bahasa maupun sastra.
53 17000240 Seminar Proposal Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan perbedaan ruang lingkup semantik, konsep makna, bentuk dan referen dalam bahasa Indonesia, makna, sinomim, antonimi, homonimi dan hiponimi bahasa Indonesia, polisemi, metonomia dan dapat menganalisis komponen semantik dalam bahasa Indonesia, teori semantik dan mampu menganalisis yang berkaitan dengan simantik.
54 17000241 Skripsi Istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.
55 17000301 Pembelajaran  BIPA Mata kuliah ini berisi tentang desain kurikulum pengajaran mencakup SILABUS, SAP, dan RPP untuk mengajarkan kemahiran berbahasa Indonesia tentang berbicara, mendengar, menulis, dan membaca untuk penutur asing.
56 17000302 Bahasa Mandarin 1 Mata kuliah ini berisi tentang  deskripsi dan penjelasan pola kalimat sederhana bahasa Mandarin tingkat dasar yang penekanannya pada verba dan perubahannya,  dilengkapi dengan pengenalan kosa-kata dan ungkapan  yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.
57 17000303 Bahasa Mandarin 2 Mata kuliah ini lanjutan dari Bahasa Mandarin 1 berisi tentang  deskripsi dan penjelasan pola kalimat sederhana bahasa Mandarin tingkat dasar yang penekanannya pada verba dan perubahannya,  dilengkapi dengan pengenalan kosa-kata dan ungkapan  yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.
58 17000304 Filsafat Bahasa Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan perspektif kritis filsafat bahasa, konsep umum mengenai filsafat bahasa yang mencakup pengertian, ruang lingkup, dan orientasi filsafat bahasa, mengkaji/menganalisis ungkapan bahasa untuk bekal sebagai profesional yang etis. Sesuai dengan profesionalismenya.
59 17000305 TOEFL  Preparation 1 Mata kuliah ini berisi skill-skill akademik, yaitu listening, speaking, reading,writing dan structure yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan soal-soal TOEFL dan strategi-strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan membantu mahasiswa meningkatkan skor TOEFL.
60 17000306 TOEFL Preparation 2 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari TOEFL Preparation I (Persiapan TOEFL I)yangmemberikan orientasi umum bagi mahasiswa terhadap TOEFL dan juga review pada skill-skill akademik tingkat lanjut, yaitu listening, speaking, reading, writing dan structureyang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan soal-soal TOEFL dan strategi-strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan membantu mahasiswa meningkatkan skor TOEFL.

 

 

 

 

 

4.2 Program Studi Sastra Inggris

 

Visi

Menjadi pusat pengembangan dan pendidikan ilmu linguistik, sastra, dan penerjemahan yang unggul dan berdaya saing tinggi di dunia global.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan secara profesional dengan memadukan hard skill dan soft skill yang disertai dengan kemampuan berwirausaha;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terintegrasi dalam tiga bidang keilmuan, yang mencakup linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan;
  2. Menghasilkan penelitian di bidang linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains;
  3. Meningkatkan relevansi pendidikan linguistik, kesusastraan, dan penerjemahan dengan kebutuhan dunia kerja yang senantiasa berkembang;
  4. Mengembangkan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri.

 

Ketua Program Studi               : Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum.

Sekretaris Program Studi        : Evi Jovita, S.S., M.A.

 

Staf Pengajar

No. Nama Dosen Inisial No. Induk Dosen (NIDN)
1 Ahmad Mustolih, SS.,M.A. AM 060216056
2 Evert Haryanto Hilman, M.Hum., Drs. EHH 0102050725
3 Evi Jovita Putri, S.Hum.,M.A. EJP 060215043
4 Faldy Rasyidie, Drs., M. Sas. FR 0104950567
5 Haeruddin Sudibya, Drs., M.Sas. HS 0103830068
6 I Nyoman Adnyana, Drs., M.Si.M., M. Sas INA 0103026670
7 Intan Firdaus, SS., M.Hum. IF 060214024
8 Karina A. Sulaeman, Dra., M.Hum. KAS 060295876
9 Lia Dewinta, S.S., M.Hum. LD 060215004
10 Lianawati Husein, S.S., M.A. LH 060204528
11 Nico Harared, S.Hum., MA. NH 060214055
12 Retno Sukardan Mamoto, Dr. RSM 060102301
13 Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum. STA 0103150849
14 Stefania Piscitelli SP 060218025
15 Titik Minarti, S.E., S.S., M.Hum. TM 060207054
16 Widya, SS., M.Hum. W 060212037
17 Zuhron, S.S., M.Hum. Z 0103026671

 

 

KURIKULUM OPERASIONAL

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703022101 Listening Comprehension I (Pemahaman Menyimak I) 2 Wajib
2 1703022104 Interactive Grammar I (Tatabahasa Interaktif I) 2 Wajib
3 1703022116 Vocabulary I (Kosa kata) 2 Wajib
4 1703022126 Introduction to General Linguistics                                                                       (Pengantar Linguistik Umum) 2 Wajib
5 1703022132 Introduction to Literature (Pengantar Sastra) 2 Wajib
6 1703022133 Outline of History of Literature (Garis Besar Sejarah Sastra) 2 Wajib
7 1703025145 Culture and Society in Great Britain/Australia                                                        (Budaya dan Masyarakat Inggris/Australia) 2 Wajib
8 1703025146 Culture and Society in North America                                                                       (Budaya dan Masyarakat Amerika Utara) 2 Wajib
9 1700000109 Pendidikan Pancasila (Indonesian State Ideology of Pancasila) 2 Wajib
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-1 18  

 

Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1700000102 Indonesian Language (Bahasa Indonesia) 2 Wajib
2 1700000101 Civics (Pendidkan Kewarganegaraan) 2 Wajib
3 1703022202 Listening Comprehension II (Pemahaman Menyimak II) 2 Wajib
4 1703022205 Interactive Grammar II (Tatabahasa Interaktif II) 2 Wajib
5 1703022218 Writing to Communicate (Menulis untuk Berkomunikasi) 2 Wajib
6 1703022221 Theory of Translation (Teori Terjemahan) 2 Wajib
7 1703022228 English Pronunciation and Intonation                                                                       (Ucapan dan Intonasi Bahasa Inggris) 2 Wajib
8 1703022217 Vocabulary II (Kosa kata II) 2 Wajib
9 1703022212 Communicative Speaking Skills I (Kemahiran Berkomunikasi I) 2 Wajib
10 1703022209 Error! Reference source not found. 2 Wajib
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-2 20  

 

Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703022306 Interactive Grammar III (Tata bahasa Interaktif III) 2 Wajib
2 1703022303 Advanced Listening Comprehension                                                              (Pemahaman Menyimak Tingkat Lanjut) 2 Wajib
3 1703022322 English-Indonesian Translation                                                                           (Terjemahan Bahasa Inggris-Indonesia) 2 Wajib
4 1703022323 Movie Translation/Subtitling I (Terjemahan Film/Teks Film I) 2 Wajib
5 1703022327 English Phonetics and Phonology                                                                             (Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris) 2 Wajib
6 1703022313 Communicative Speaking Skills II (Kemahiran Berkomunikasi II) 2 Wajib
7 1703022329 English Morphology (Morfologi Bahasa Inggris) 2 Wajib
8 1703022342 Prose Analysis (Analisis Prosa) 2 Wajib
9 1703022343 Drama Analysis (Analisis Drama) 2 Wajib
10 1703022310 Reading for Broadcasting (Membaca untuk Kepenyiaran) 2 Wajib
11 1703052340 Principles of Philosophy & Logic (Dasar-Dasar Filsafat dan Logika) 2 Wajib
12 1703053301 Writing Skills (Kemahiran Menulis) ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
13 1703023312 English for Marketing (Bahasa Inggris Pemasaran)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
14 1703023311 English for Advertising (Bahasa Inggris Periklanan)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
15 1703023313 Business English Correspondence                                                          (Korespondensi Bahasa Inggris Bisnis)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
16 1703023314 English for Hotel and Tourism                                                                                       (Bahasa Inggris Perhotelan dan Pariwisata) ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
17 1703053305 Practical Japanese I (Bahasa Jepang Praktis I)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
18 1703053319 Computer Applications & Office Mangement                                                       (Aplikasi Manajemen Perkantoran)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
19 1703053302 Language Philosophy (Filsafat Bahasa)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-3 24  

 

Semester 4
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1700000103 Religion (PendidkanAgama) 2 Wajib
2 1703022424 Indonesian-English Translation                                                                           (Terjemahan Bahasa Indonesia-Inggris) 2 Wajib
3 1703022425 Movie Translation/Subtitling II                                                                             (Terjemahan Film/Teks Film II) 2 Wajib
4 1703022407 Interactive Grammar IV (Tatabahasa Interaktif IV) 2 Wajib
5 1703022414 Business Conversation I (Percakapan Bisnis I) 2 Wajib
6 1703022441 Poetry Analysis (Analisis Puisi) 2 Wajib
7 1703022444 Literary Criticism (Kritik Sastra) 2 Wajib
8 1703022430 English Syntax (Sintaksis Bahasa Inggris) 2 Wajib
9 1703022448 TOEFL Preparation I (Persiapan TOEFL I) 2 Wajib
10 1703022450 Sociology of Literature (“Undergraduate Thesis”: Literature)                                                    (Sosiologi Sastra)*** 2 Pilihan konsentrasi
11 1703022452 Sociolinguistics (Undergraduate Thesis”: Linguisitics) (Sosiolinguistik)*** 2 Pilihan konsentrasi
12 1703022454 Indonesian-English Translation                                                                           (Terjemahan Bahasa Indonesia-Inggris) 2 Wajib
13 1703023416 British Parliamentary Debate (Debat Parlemen Inggris)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
14 1703023417 English for Export Import (Bahasa Inggris Expor Impor)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
15 1703023418 English for Politics (Bahasa Inggris Politik)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
16 1703023415 English for Insurance (Bahasa Inggris Asuransi)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
17 1703053403 Practical Italian I (Bahasa Itali Praktis I)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
18 1703053406 Practical Japanese II (Bahasa Jepang Praktis II)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
19 1703023408 English for Computer and the Internet                                                                      (Bahasa Inggris Komputer dan Internet)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-4 24  

 

Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703022508 Interactive Grammar V (Tatabahasa Interaktif V) 2 Wajib
2 1703022511 Reading for Academic Purposes (Membaca untuk tujuan Akademik) 2 Wajib
3 1703022515 Business Conversation II (Percakapan Bisnis II) 2 Wajib
4 1703022519 Report Writing (Menulis Laporan) 2 Wajib
5 1703022531 English Semantics (Semantik Bahasa Inggris) 2 Wajib
6 1703022534 Pragmatics (Pragmatik) 2 Wajib
7 1703022536 Business Translation (Terjemahan Bisnis) 2 Wajib
8 1703022537 Legal Translation (Terjemahan Hukum) 2 Wajib
9 1703022551 Psychology of Literature (“Undergraduate Thesis”: Literature) (Psikologi Sastra)*** 2 Pilihan konsentrasi
10 1703022553 Psycholinguistics (“Undergraduate Thesis Linguistics) (Psikolinguistik)*** 2 Pilihan konsentrasi
11 1703022555 Consecutive Translation II (“Skripsi”: Translation)                                 (Penerjemahan Berturutan II)*** 2 Pilihan konsentrasi
12 1703022549 TOEFL Preparation II (Persiapan TOEFL II) 2 Wajib
13 1703023523 English for Law (Bahasa Inggris Hukum)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
14 1703023524 English for Journalism (Bahasa Inggris Kewartawanan)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
15 1703023520 Food & Cooking English                                                                                                (Bahasa Inggris Makanan & Memasak)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
16 1703053504 Practical Italian II (Bahasa Itali Praktis II)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
17 1703023509 English for Banking and Finance                                                                                 (Bahasa Inggris Perbankan dan Keuangan)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-5 22  

 

Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1700000108 English Language/TOEFL (Bahasa Inggris/TOEFL) 2 Wajib
2 1700000107 Entrepreneurship (Kewirausahaan) 2 Wajib
3 1700000106 Anti-Corruption Education (Pendidikan Anti Korupsi)* 2 Pilihan Universitas
4 1700000105 Environment and Nature Conservation                                                            (Konservasi Alam dan Lingkungan)* 2 Pilihan Universitas
5 1703022647 Cross-Culture Understanding (Pemahaman Lintas Budaya) 2 Wajib
6 1703022620 Writing for Academic English                                                                                       (Menulis Bahasa Inggris Akademik) 2 Wajib
7 1703022635 Discourse Analysis (Analisis Wacana) 2 Wajib
8 1703022638 Literary Translation (Terjemahan Sastra) 2 Wajib
9 1703022656 Research Methods in Literature (Metode Penelitian Sastra)*** 4 Pilihan konsentrasi
10 1703022657 Research Methods in Linguistics (Metode Penelitian Linguistik)*** 4 Pilihan konsentrasi
11 1703022658 Research Methods in Translation (Metode Penelitian Terjemahan)*** 4 Pilihan konsentrasi
12 1703022639 Comparative Literature (Sastra Bandingan) 2 Wajib
13 1703053607 Creative Writing (Penulisan Kreatif)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
14 1703023625 English for Children ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
15 1703023621 TOEIC I ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
16 1703053627 Practical Korean I (Bahasa Korea Praktis I) ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-6 20  

 

Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703022759 Seminar on Literature (Seminar Sastra)*** 4 Pilihan konsentrasi
2 1703022760 Seminar on Linguistics (Seminar Linguistik)*** 4 Pilihan konsentrasi
3 1703022761 Seminar on Translation (Seminar Terjemahan)*** 4 Pilihan konsentrasi
4 1703023727 English for Marketing (Bahasa Inggris Pemasaran)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
5 1703023722 TOEIC II ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
6 1703023729 English for Public Relation (Bahasa Inggris untuk Hubungan Masyarakat )** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
7 1703023710 English for Public Speaking/Speech (Berpidato Bahasa Inggris)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
8 1703023726 English for Secretary (Bahasa Inggris untuk sekertaris)** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
9 1703053730 Acting (Seni Peran) ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
10 1703053728 Practical Korean II (Bahasa Korea Praktis II) ** 2 Pilihan Prodi/Fakultas
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-7 10  

 

Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703022862 Undergraduate Thesis (Literature) (Sastra) 6 Wajib
2 1703022863 Undergraduate Thesis (linguistic) (Linguistik) 6 Wajib
3 1703022864 Undergraduate Thesis (Translation) (Terjemahan) 6 Wajib
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-8 6  

 

 

 

 

 

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Listening Comprehension I (Pemahaman Menyimak I) 1703022101 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendengar percakapan pendek dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik tingkat dasar. Dalam perkuliahan diperdengarkan berbagai jenis situasi percakapan baik secara audio, maupun audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, tutorial, dan diskusi.
2 Interactive Grammar I (Tatabahasa Interaktif I) 1703022104 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan part of speech dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan sehari-hari. Dalam perkuliahan diperlihatkan, diperdengarkan dan dipraktekkan (dilatih) berbagai jenis situasi baik secara visual, audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan menulis, menyimak, berbicara, dan diskusi
3 Vocabulary I (Kosa kata) 1703022116 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan word building atau konsep pembentukan dan perubahan kelas katadalam bahasa Inggris.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan pendekatan diskusi, tutorial, dan presentasi.
4 Introduction to General Linguistics                                                                       (Pengantar Linguistik Umum) 1703022126 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan konsep-konsep dasar bahasa, ilmu kebahasaan, dan cabang ilmu bahasa terutama dalam bahasa Inggris.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
5 Introduction to Literature (Pengantar Sastra) 1703022132 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan konsep-konsep dasar sastra, kritik sastra, dan teori kritik sastra terutama dalam sastra Inggris.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
6 Outline of History of Literature (Garis Besar Sejarah Sastra) 1703022133 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan sejarah sastra Inggris dan Amerika. Dalam mata kuliah mahasiswa dilatih untuk menganalisis genre-genre karya sastra yang berkaiatan dengan zaman penerbitan karya tersebut.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
7 Culture and Society in Great Britain/Australia                                                        (Budaya dan Masyarakat Inggris/Australia) 1703025145 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan sejarah, adat istiadat, pola pikir, dan kebiasaan masyarakat Australia dan Britain.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
8 Culture and Society in North America                                                                       (Budaya dan Masyarakat Amerika Utara) 1703025146 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan sejarah, adat istiadat, pola pikir, dan kebiasaan masyarakat Amerika Utara.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
9 Pendidikan Pancasila (Indonesian State Ideology of Pancasila) 1700000109 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman Pendidikan Pancasila dan penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.

 

SEMESTER GENAP (II)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Indonesian Language (Bahasa Indonesia) 1700000102 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman Bahasa Indonesia dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam konteks akademik dan non-akademik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.
2 Civics (Pendidkan Kewarganegaraan) 1700000101 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.
3 Listening Comprehension II (Pemahaman Menyimak II) 1703022202 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendengar percakapan panjang dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik tingkat lanjut. Dalam perkuliahan diperdengarkan berbagai jenis situasi percakapan baik secara audio, maupun audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, menulis, berbicara, presentasi dan diskusi.
4 Interactive Grammar II (Tatabahasa Interaktif II) 1703022205 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan tenses dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik. Dalam perkuliahan diperlihatkan, diperdengarkan dan dipraktekkan berbagai jenis situasi baik secara visual, audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan menulis, menyimak, berbicara, diskusi.
5 Writing to Communicate (Menulis untuk Berkomunikasi) 1703022218 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik. Mahasiswa dilatih untuk menuliskan gagasan-gagasannya secara komunikatif dalam bahasa Inggris berdasarkan teknik menulis komunikatif. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan menulis, tutorial, dan diskusi.
6 Theory of Translation (Teori Terjemahan) 1703022221 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan dan menerapkan teori-teori penerjemahan terutama dalam sastra Inggris.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
7 English Pronunciation and Intonation                                                                       (Ucapan dan Intonasi Bahasa Inggris) 1703022228 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membunyikan dan menuliskan bentuk pengucapan dalam bahasa Inggris baik pengucapan vokal, konsonan, kata, maupun tekanan dan intonasi. Dalam perkuliahan diperlihatkan, diperdengarkan dan dipraktekkan berbagai bentuk pengucapan dan penulisan dari pengucapan bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti latihan menulis, menyimak, membunyikan, dan diskusi.
8 Vocabulary II (Kosa kata II) 1703022217 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan konsep phrase building Mempu mennggunakan idiom-idiom dan collocation dalam bahasa Inggris.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan menulis, menyimak, berbicara, wawancara, diskusi
9 Communicative Speaking Skills I (Kemahiran Berkomunikasi I) 1703022212 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada konteks percakapan sehari-hari dan umum, serta diskusi dengan topik tertentu. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih melengkapi dan merangkai percakapan, serta membuat beberapa percakapan dengan topik-topik yang berbeda sesuai petunjuk percakapan, selain itu berlatih memperagakan beberapa peran secara bergantian dengan teman-teman di kelas. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan berbicara, presentasi, diskusi, dan wawancara.
10 Error! Reference source not found. 1703022209 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membaca teks bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik. Mahasiswa dilatih untuk membaca secara skimming dan scanning guna memahami isi teks secara cepat dan cermat. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan membaca, tutorial, dan diskusi.

 

SEMESTER GANJIL (III)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Interactive Grammar III (Tatabahasa Interaktif III) 1703022306 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan penggunaan gerund, phrasal verb, sentences, conjunction, dan compound.dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan sehari-hari. Dalam perkuliahan diperlihatkan, diperdengarkan dan dipraktekkan berbagai jenis situasi baik secara visual, audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan menulis, menyimak, berbicara, diskusi.
2 Advanced Listening Comprehension                                                              (Pemahaman Menyimak Tingkat Lanjut) 1703022303 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendengar percakapan kompleks atau pidato dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis tingkat lanjut dan lingkup profesi. Mahasiswa diharapkan juga mampu menceritakan kembali hasil dengaran dalam bahasa Inggris. Dalam perkuliahan diperdengarkan berbagai jenis situasi percakapan baik secara audio, maupun audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, berbicara, presentasi, diskusi.
3 English-Indonesian Translation                                                                           (Terjemahan Bahasa Inggris-Indonesia) 1703022322 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan konsep-konsep dasar penerjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Mahasiswa dilatih untuk mengamati perbedaan-perbedaan struktur grammatikal yang ada pada bahasa Inggris dan Indonesia.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
4 Movie Translation/Subtitling I (Terjemahan Film/Teks Film I) 1703022323 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan teks film.  Mahasiswa juga dilatih untuk mengamati strategi penerjemahan teks film. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
5 English Phonetics and Phonology                                                                             (Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris) 1703022327 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengenali, menyadari teori dan penerapan teori dalam lingkup fonetik dan fonologi bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
6 Communicative Speaking Skills II (Kemahiran Berkomunikasi II) 1703022313 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada konteks percakapan sehari-hari dan umum, serta diskusi dengan topik tertentu. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih berbicara atau berpidato dengan topik-topik yang berbeda. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis naskah, presentasi, dan diskusi.
7 English Morphology (Morfologi Bahasa Inggris) 1703022329 Matakuliah English Morphology ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengenali, menyadari teori dan penerapan dari fenomena kebahasaan dalam lingkup morfologi. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan melakukan penelitian kebahasaan terkait morfologi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
8 Prose Analysis (Analisis Prosa) 1703022342 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan jenis genre prosa inggris dan kemampuan menganalisis prosa tersebut dengan berbagai pendekatan sastra. Mahasiswa juga dilatih untuk menciptakan essay berbahasa Inggris berdasarkan hasil analisis terhadap sebuah prosa berupa cerpen atau novel. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
9 Drama Analysis (Analisis Drama) 1703022343 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik drama bahasa Inggris, serta kemampuan menganalisis drama Inggris dengan berbagai pendekatan sastra. Mahasiswa juga dilatih untuk menciptakan essay berbahasa Inggris berdasarkan hasil analisis terhadap drama tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
10 Reading for Broadcasting (Membaca untuk Kepenyiaran) 1703022310 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengenal istilah-istilah dan kegiatan-kegiatan penyiaran. Kemudian dalam perkuliahan mahasiswa dilatih untuk mampu menerapkan beberapa kegiatan penyiaran seperti membacakan berita dan melakukan talk show dalam bahasa inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
11 Principles of Philosophy & Logic (Dasar-Dasar Filsafat dan Logika) 1703052340 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman dasar-dasar filsafat dan logika dan bentuk penerapannya. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.
12 Writing Skills (Kemahiran Menulis) ** 1703053301 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menulis tingkat dasar dengan bahasa Inggris dalam konteks akademis dan non-akademik. Mahasiswa dilatih untuk menuliskan gagasan-gagasannya secara bebas dalam bahasa Inggris guna menumbuhkan minat menulis yang terampil. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan menulis, tutorial, dan diskusi.
13 English for Marketing (Bahasa Inggris Pemasaran)** 1703023312 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks pemasaran atau marketing dan profesi marketing. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
14 English for Advertising (Bahasa Inggris Periklanan)** 1703023311 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks periklanan dan profesi peiklanan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
15 Business English Correspondence                                                          (Korespondensi Bahasa Inggris Bisnis)** 1703023313 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada konteks bisnis. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih melakukan diskusi dalam konteks bisnis dan menggunakan kosa kata dengan konteks bisnis, kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan berbicara, presentasi, diskusi, dan wawancara.
16 English for Hotel and Tourism                                                                                       (Bahasa Inggris Perhotelan dan Pariwisata) ** 1703023314 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks perhotelan dan pariwisata. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
17 Practical Japanese I (Bahasa Jepang Praktis I)** 1703053305 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar bahasa Jepang, contoh penggunaan bahasa Jepang, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Jepang pada tahap dasar atau pemula. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.
18 Computer Applications & Office Mangement                                                       (Aplikasi Manajemen Perkantoran)** 1703053319 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi manajemen perkantoran. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.
19 Language Philosophy (Filsafat Bahasa)** 1703053302 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang filsafat bahasa. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.

 

SEMESTER GENAP (IV)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Religion (PendidkanAgama) 1700000103 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan agama, penerapan agama, dan kajian agama dalam kehidupan sosial. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, dan diskusi.
2 Indonesian-English Translation                                                                           (Terjemahan Bahasa Indonesia-Inggris) 1703022424 Mata kuliah ini  membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan konsep-konsep dasar penerjemahan bahasa Indonesia ke bahasa

Inggris.  Mahasiswa dilatih untuk mengamati perbedaan-perbedaan struktur grammatikal yang ada pada bahasa Inggris dan Indonesia.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.

3 Movie Translation/Subtitling II                                                                             (Terjemahan Film/Teks Film II) 1703022425 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks film.  Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks film. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
4 Interactive Grammar IV (Tatabahasa Interaktif IV) 1703022407 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengkategorikan penggunaan penggunaan ragam klausa, adjective clause, adverbial clause, noun clause dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan sehari-hari. Dalam perkuliahan diperlihatkan, diperdengarkan dan dipraktekkan berbagai jenis situasi baik secara visual, audio visual. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan menulis, menyimak, berbicara, wawancara, diskusi.
5 Business Conversation I (Percakapan Bisnis I) 1703022414 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada konteks bisnis. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih melakukan percakapan dalam konteks bisnis dan menggunakan ungkapan tertentu pada situasi bisnis, kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan berbicara, presentasi, diskusi, dan wawancara.
6 Poetry Analysis (Analisis Puisi) 1703022441 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan menginterpretasi puisi berbahasa Inggris, serta kemampuan menganalisis puisi dengan berbagai pendekatan sastra. Mahasiswa juga dilatih untuk menciptakan essay berbahasa Inggris berdasarkan hasil analisis terhadap puisi tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
7 Literary Criticism (Kritik Sastra) 1703022444 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan beberapa jenis teori sastra, serta kemampuan mengaplikasikan teori-teori tersebut pada karya sastra Inggris. Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis karya sastra dengan pendekatan sastra tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
8 English Syntax (Sintaksis Bahasa Inggris) 1703022430 Matakuliah English syntax ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengenali, menyadari teori dan penerapan dari fenomena kebahasaan dalam lingkup sintaksis. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan melakukan penelitian kebahasaan terkait sintaksis. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.

 

9 TOEFL Preparation I (Persiapan TOEFL I) 1703022448 Matakuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan strategi menghadapi ujian TOEFL dan mampu menjawab soal-soal TOEFL tahap I baik bagian listening, structure, written expression, dan reading dengan baik dan benar.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, latihan soal grammar, latihan soal membaca, dan menulis.
10 Sociology of Literature (“Undergraduate Thesis”: Literature)                                                    (Sosiologi Sastra)*** 1703022450 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan teori-teori sosiologi, serta kemampuan menerapkan teori sosiologi menjadi suatu pendekatan untuk menganalisis karya sastra Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
11 Sociolinguistics (Undergraduate Thesis”: Linguisitics) (Sosiolinguistik)*** 1703022452 Matakuliah sosiolinguistics ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengenali, menyadari teori dan penerapan dari fenomena kebahasaan dalam lingkup sosiolinguistik. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan melakukan penelitian kebahasaan terkait sosiolinguistik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.

 

12 Consecutive  Translation I                                                                   (Skripsi  Translation- Penerjemahan Berturutan)*** 1703022454 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks lisan.  Mahasiswa juga dilatih untuk mencatat cepat, dan menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks lisan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
13 British Parliamentary Debate (Debat Parlemen Inggris)** 1703023416 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam kegiatan debat dengan topik debat yang beragam. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, observasi materi debat, menulis kerangka debat, dan diskusi.
14 English for Export Import (Bahasa Inggris Expor Impor)** 1703023417 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks kegiatan ekspor dan impor dan konteks profesi yang berkaitan dengan ekspor impor. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
15 English for Politics (Bahasa Inggris Politik)** 1703023418 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks ilmu politik dan konteks profesi politisi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
16 English for Insurance (Bahasa Inggris Asuransi)** 1703023415 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks asuransi dan konteks profesi yang berkaitan dengan asuransi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
17 Practical Italian I (Bahasa Itali Praktis I)** 1703053403 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar bahasa Italia, contoh penggunaan bahasa Italia, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Italia pada tahap dasar atau pemula. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.
18 Practical Japanese II (Bahasa Jepang Praktis II)** 1703053406 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep kebahasaan dalam bahasa Jepang, contoh penggunaan bahasa Jepang, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Jepang pada tahap lanjutan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.
19 English for Computer and the Internet                                                                      (Bahasa Inggris Komputer dan Internet)** 1703023408 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks ilmu komputer dan internet dan konteks profesi yang berkaitan dengan  komputer dan internet.. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.

 

SEMESTER GANJIL (V)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Interactive Grammar V (Tatabahasa Interaktif V) 1703022508 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menjelaskan materi tata bahasa dalam bahasa Inggris dalam konteks akademis dan sehari-hari. Dalam perkuliahan mahasiswa akan dilatih menyelesaikan persoalan-persoalan terkait materi TOEFL dan dilatih untuk melakukan micro teaching atau pengajaran tata bahasa sebagai bekal ilmu untuk di kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa dalam teknik mengajar.
2 Reading for Academic Purposes (Membaca untuk tujuan Akademik) 1703022511 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Inggris. Mahasiswa dilatih untuk membaca secara skimming dan scanning guna memahami isi teks akademik secara cepat dan cermat. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan membaca, tutorial, dan diskusi.
3 Business Conversation II (Percakapan Bisnis II) 1703022515 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada konteks bisnis. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dilatih membuat percakapan bisnis dengan situasi tertentu, dan melakukan interupsi atau menyampaikan ide pada situasi bisnis.Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan berbicara, presentasi, diskusi, dan wawancara.
4 Report Writing (Menulis Laporan) 1703022519 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengidentifikasi format teks dan dokumen dan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris sesuai format dan jenis yang beragam. Mahasiswa dilatih untuk menulis laporan kerja, laporan penelitian, notulen rapat, email, memo,  dan dokumen lainnya dalam bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan menulis, tutorial, dan diskusi.
5 English Semantics (Semantik Bahasa Inggris) 1703022531 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan; mengenali dan menyadari teori Semantik, serta menganalisa fenomena kebahasaan dalam lingkup Semantik. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan dan dipandu untuk melakukan penelitian Semantik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
6 Pragmatics (Pragmatik) 1703022534 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan; mengenali dan menyadari teori pragmatik, serta menganalisa fenomena kebahasaan dalam lingkup pragmatik. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan dan dipandu untuk melakukan penelitian pragmatik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
7 Business Translation (Terjemahan Bisnis) 1703022536 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks bisnis.  Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks bisnis. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
8 Legal Translation (Terjemahan Hukum) 1703022537 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks dan dokumen hukum.  Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks dan dokumen hukum. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
9 Psychology of Literature (“Undergraduate Thesis”: Literature) (Psikologi Sastra)*** 1703022551 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan teori-teori psikologi, serta kemampuan menerapkan teori psikologi menjadi suatu pendekatan untuk menganalisis karya sastra Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
10 Psycholinguistics (“Undergraduate Thesis Linguistics) (Psikolinguistik)*** 1703022553 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan; mengenali dan menyadari teori psikolinguistik, serta menganalisa fenomena kebahasaan dalam lingkup psikolinguistik. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan dan dipandu untuk melakukan penelitian psikolinguistik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
11 Consecutive Translation II (“Skripsi”: Translation)                                 (Penerjemahan Berturutan II)*** 1703022555 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks lisan.  Mahasiswa juga dilatih untuk mencatat cepat, dan menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks lisan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
12 TOEFL Preparation II (Persiapan TOEFL II) 1703022549 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan strategi menghadapi ujian TOEFL dan mampu menjawab soal-soal TOEFL tahap II baik bagian listening, structure, written expression, dan reading dengan baik dan benar.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, latihan soal grammar, latihan soal membaca, dan menulis.
13 English for Law (Bahasa Inggris Hukum)** 1703023523 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks ilmu hukum dan konteks profesi yang berkaitan dengan  hukum. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
14 English for Journalism (Bahasa Inggris Kewartawanan)** 1703023524 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks ilmu jurnalistik dan konteks profesi jurnalis. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
15 Food & Cooking English                                                                                                (Bahasa Inggris Makanan & Memasak)** 1703023520 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks makanan dan memasak dan konteks profesi yang berkaitan dengan  makanan dan memasak. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
16 Practical Italian II (Bahasa Itali Praktis II)** 1703053504 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep bahasa Italia, contoh penggunaan bahasa Italia, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Italia pada tahap lanjutan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.
17 English for Banking and Finance                                                                                 (Bahasa Inggris Perbankan dan Keuangan)** 1703023509 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks ilmu perbankan dan keuangan dan konteks profesi yang berkaitan dengan  perbankan dan keuangan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.

 

SEMESTER GENAP (VI)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 English Language/TOEFL (Bahasa Inggris/TOEFL) 1700000108 Matakuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menghadapi ujian TOEFL dan mampu menjawab soal-soal TOEFL baik bagian listening, structure, written expression, dan reading dengan baik dan benar.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, latihan soal grammar, latihan soal membaca, dan menulis.
2 Entrepreneurship (Kewirausahaan) 1700000107 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman mengidentifikasi konsep-konsep berwirausaha dan menerapkan kemampuan kewirausahaan dalam kehidupan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode ceramah, presentasi, dan diskusi.
3 Anti-Corruption Education (Pendidikan Anti Korupsi)* 1700000106 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan anti korupsi, sikap implementasi dari pendidikan anti korupsi, dan hukum-hukum yang berkaitan dengan korupsi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode ceramah, presentasi, dan diskusi.
4 Environment and Nature Conservation                                                            (Konservasi Alam dan Lingkungan)* 1700000105 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan konservasi alam dan landasan hukumnya. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode ceramah, presentasi, dan diskusi.
5 Cross-Culture Understanding (Pemahaman Lintas Budaya) 1703022647 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mendeskripsikan sejarah, adat istiadat, pola pikir, dan kebiasaan masyarakat lintas budaya.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti tutorial, presentasi, dan diskusi.
6 Writing for Academic English                                                                                       (Menulis Bahasa Inggris Akademik) 1703022620 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengidentifkasi struktur dan teknik menulis teks akademik menulis, serta mampu menuliskan teks akademik dalam bahasa Inggris. Mahasiswa dilatih untuk menuliskan teks ilmiah dalam bahasa Inggris guna membantu penulisan penelitian ilmiah. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan menulis, tutorial, dan diskusi.
7 Discourse Analysis (Analisis Wacana) 1703022635 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan; mengenali dan menyadari tipe-tipe wacana dan alat-alat kohesi analisis wacana, serta menganalisa fenomena kebahasaan dalam berbagai wacana. Dalam perkuliahan diberikan berbagai teori dan contoh penerapan teori. Kemudian, pada tahap akhir mahasiswa diajarkan dan dipandu untuk melakukan analisis wacana. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan soal, presentasi, diskusi, dan penelitian lapangan.
8 Literary Translation (Terjemahan Sastra) 1703022638 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan penerjemahan dalam teks sastra.  Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis strategi, kelebihan, dan kekurangan penerjemahan teks sastra. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi.
9 Research Methods in Literature (Metode Penelitian Sastra)*** 1703022656 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengidentifikasi konsep-konsep dasar metode penelitian sastra dan menerapkannya dalam pembuatan rancangan proposal skripsi sastra. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
10 Research Methods in Linguistics (Metode Penelitian Linguistik)*** 1703022657 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengidentifikasi konsep-konsep dasar metode penelitian linguistik dan menerapkannya dalam pembuatan rancangan proposal skripsi linguistik. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
11 Research Methods in Translation (Metode Penelitian Terjemahan)*** 1703022658 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan mengidentifikasi konsep-konsep dasar metode penelitian terjemahan dan menerapkannya dalam pembuatan rancangan proposal skripsi terjemahan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
12 Comparative Literature (Sastra Bandingan) 1703022639 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, kemampuan mendeskripsikan teori-teori dan konsep-konsep sastra bandingan, serta kemampuan melakukan analisis sastra bandingan terhadap karya sastra lintas benua. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, presentasi, latihan dan diskusi
13 Creative Writing (Penulisan Kreatif)** 1703053607 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menulis kreatif dalam bahasa Inggris dengan tema imaginatif. Mahasiswa diperkenalkan teknik dan tipe kepenulisan kreatif dalam bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti latihan menulis, tutorial, dan diskusi.
14 English for Children ** 1703023625 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks pengajaran bahasa anak dan penggunaan bahasa anak. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti tutorial, presentasi, dan diskusi.
15 TOEIC I ** 1703023621 Matakuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menghadapi ujian TOEIC dan mampu menjawab soal-soal TOEIC dengan baik dan benar. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan membaca, mendengar, berbicara, dan menulis.
16 Practical Korean I (Bahasa Korea Praktis I) ** 1703053627 Mata kuliah ini  membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar bahasa Korea, contoh penggunaan bahasa Korea, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Korea pada tahap dasar atau pemula. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.

 

SEMESTER GANJIL (VII)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Seminar on Literature (Seminar Sastra)** 1703022759 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membuat dan mendeskripsikan proposal skripsi terkait persoalan-persoalan kesusastraan dalam sastra Inggris sesuai kerangka berpikir dan metode penelitian ilmiah. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
2 Seminar on Linguistics (Seminar Linguistik)** 1703022760 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membuat dan mendeskripsikan proposal skripsi terkait persoalan-persoalan kebahasaan dalam bahasa Inggris sesuai kerangka berpikir dan metode penelitian ilmiah. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
3 Seminar on Translation (Seminar Terjemahan)** 1703022761 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan membuat dan mendeskripsikan proposal skripsi terkait persoalan-persoalan penerjemahan bahasa Inggris baik sebagai bahasa sumber maupun sebagai bahasa target. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial, diskusi, dan presentasi.
4 English for Marketing (Bahasa Inggris Pemasaran)** 1703023727 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks pemasaran atau marketing dan profesi marketing. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
5 TOEIC II ** 1703023722 Matakuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan strategi menghadapi ujian TOEIC dan mampu menjawab soal-soal TOEIC tahap II dengan baik dan benar.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti latihan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.
6 English for Public Relation (Bahasa Inggris untuk Hubungan Masyarakat )** 1703023729 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks hubungan masyarakat dan konteks yag berkaitan dengan hubungan masyarakat atau public relation. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
7 English for Public Speaking/Speech (Berpidato Bahasa Inggris)** 1703023710 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks berpidato. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
8 English for Secretary (Bahasa Inggris untuk sekertaris)** 1703023726 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks kegiatan sekretariat dan konteks profesi sekretaris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan, seperti latihan berbicara, menulis, presentasi, dan diskusi.
9 Acting (Seni Peran) ** 1703053730 Membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan melakukan seni peran dalam bahasa Inggris. Dalam kuliah ini, mahasiswa dilatih untuk bedah naskah dan mementaskan naskah drama dalam bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, diskusi dan praktikum.
10 Practical Korean II (Bahasa Korea Praktis II) ** 1703053728 Mata kuliah ini  membekali para mahasiswa pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep bahasa Korea, contoh penggunaan bahasa Korea, dan bentuk budaya masyarakat penutur bahasa Korea pada tahap lanjutan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode tutorial, presentasi, diskusi, latihan.

 

SEMESTER GENAP (VIII)

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Undergraduate Thesis (Literature) (Sastra) 1703022862 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menganalisis masalah-masalah kesusastraan dalam sastra Inggris dengan menggunakan kerangka berpikir dan metode ilmiah. Dalam mata kuliah mahasiswa dilatih untuk menganalisis karya sastra Inggris dengan pendekatan teori-teori sastra dan dituliskan dalam sebuah tulisan ilmiah berupa skripsi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial dan penelitian.
2 Undergraduate Thesis (linguistic) (Linguistik) 1703022863 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menganalisis masalah-masalah kebahasaan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kerangka berpikir dan metode ilmiah. Dalam mata kuliah mahasiswa dilatih untuk menganalisis fenomena kebahasaan kemudian dituliskan dalam sebuah tulisan ilmiah berupa skripsi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial dan penelitian.
3 Undergraduate Thesis (Translation) (Terjemahan) 1703022864 Mata kuliah ini membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan menganalisis masalah-masalah penerjemahan suatu karya terjemahan dengan menggunakan kerangka berpikir dan metode ilmiah. Dalam mata kuliah mahasiswa dilatih untuk menganalisis penerjemahan, strategi penerjemahan, kelebihan atau kelemahan penerjemahan kemudian dituliskan dalam sebuah tulisan ilmiah berupa skripsi. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan metode seperti tutorial dan penelitian.

 

 

 

 

4.3 Program Studi Sastra Jepang

 

Visi

Menjadi pusat pengembangan dan pendidikan ilmu bahasa, sastra, dan budaya Jepang yang unggul dan berdaya saing tinggi di dunia global.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang secara profesional dengan memadukan hard skill dan soft skill yang disertai dengan kemampuan berwirausaha
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terintegrasi dalam tiga bidang keilmuan, yang mencakup kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang

 

Tujuan

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang
  2. Menghasilkan penelitian di bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains
  3. Meningkatkan relevansi pendidikan kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang dengan kebutuhan dunia kerja yang senantiasa berubah
  4. Mengembangkan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri

 

 

Ketua Program Studi               : Dra. Fairuz, S.S., M.Hum.

Sekretaris Program Studi        : Wawat Rahwati, S.S.,M.Hum

 

Staf Pengajar

No. Nama Dosen Inisial No. Induk Dosen (NIDN)
1 Ahmad Zaki, MA. AZ 060303456
2 Chisa Iwasaki, Ms. CI 060317030
3 Diah Madubrangti, S.S., M.Hum. Dr. DM 060383125
4 Fadhilah, Dra., M.Hum. F 0106950570
5 Fairuz, Dra., S.S., M.Hum. F 2606020677
6 Jonnie Rasmada Hutabarat, M.A. JRH 060320003
7 Lely Demiyati, SS., M.Hum. TD 060318026
8 Meizar Abdullah, S.S., M.A. MA 0104040712
9 Rita Susanti, S.Pd., S.S., M.Si. RS 2606020675
10 Suyanti Natalia, S.S., M.Pd. SN 0107050742
11 Tetet Sulastri, S.S., M.Si. TS 0104150851
12 Wawat Rahwati, S.S., M.Hum WR 0107050741
13 Wisnu Wardani, Dra., M.Hum. WW 0102930403

 

KURIKULUM OPERASIONAL

 

DISTRIBUSI MATA KULAH

Semester 1
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032101 Tata Bahasa Jepang I (Bunpo I) √ 4  
2 1703032107 Percakapan Bahasa Jepang I (Kaiwa I) 2  
3 1703032115 Aksara Jepang I (Kana +Kanji I) 2  
4 1703032121 Menyimak Bahasa Jepang I (Chokai I) 2  
5 1703032135 Linguistik Bahasa Jepang I (Nihongo Gengogaku I) 2  
6 1703035143 Masyarakat dan Kebudayaan Jepang (Nihon Shakai Bunka) 2  
7 1703035142 Sejarah Jepang (Nihonshi) 2  
8 1703032139 Kesusastraan Jepang (Nihon Bungaku) 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-1 18  

 

Semester 2
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032202 Tata Bahasa Jepang II (Bunpo II) √ 4 Tata Bhs. Jep I
2 1703032208 Percakapan Bahasa Jepang II (Kaiwa II) 2  
3 1703032216 Aksara Jepang II (Kanji II) 2  
4 1703032222 Menyimak Bahasa Jepang II (Chokai II) 2  
5 1703032236 Linguistik Bahasa Jepang II (Nihongo Gengogaku II) 2  
6 17000101 Pendidikan Kewarganegaraan(Dotoku Rinri Kyoiku) 2  
7 17000102 Bahasa Indonesia (Indonesiago) 2  
8 1703013214 Dasar-dasar Filsafat dan Logika (Testugaku Ronrigaku Kiso) 2  
9 1703032244 Pemahaman Lintas Budaya  (Bunka Sogo Rikai) 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-2 20  

 

 

 

 

Semester 3
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032303 Tata Bahasa Jepang III  (BunpoIII) 4 Tata Bhs JepII
2 1703032309 Percakapan Bahasa Jepang III (Kaiwa III) 2  
3 1703032317 Aksara Jepang III (Kanji III) 2  
4 1703032323 Menyimak Bahasa Jepang III (Chokai III) 2  
5 1703032325 Pemahaman Teks Tertulis I (Dokkai I) 2  
6 1703032329 Mengarang Bahasa Jepang I (Sakubun I) 2  
7 1703053309 Bahasa Itali Praktis I 2  
8 1703053313 Aplikasi Manajemen Perkantoran

(Koodinator Prodi Sistim Informasi

2  
9 17000109 Pendidikan Pancasila 2  
10 17000103 Pendidikan Agama (Shukyo) 2  
11 1703033301 Japanese for Spesific Purpose I  ( Metode Pengajaran Bahasa Jepang )

(Metode Pengajaran Bahasa Jepang ( Nihongo Kyojuho) **

2 Tata Bhs JepII
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-3 24  

 

Semester 4
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032404 Tata Bahasa Jepang IV (Bunpo IV) √ 4 Tata Bhs Jep III
2 1703032410 Percakapan Bahasa Jepang IV(Kaiwa IV) 2  
3 1703032418 Aksara Jepang IV (Kanji IV) 2  
4 1703032424 Menyimak Bahasa Jepang IV (Chokai IV) 2  
5 1703032426 Pemahaman Teks Tertulis II (Dokkai II) 2  
6 1703032430 Mengarang Bahasa Jepang II (Sakubun II) 2  
7 1703032431 Terjemahan Jepang-Indonesia I (Nihongo-Indoneshiago Honyaku I) 2 Tata Bhs Jep III
8 1703023450 Bahasa Inggris Persiapan TOEFL I (TOEFL Taisaku I) 2  
9 1703053410 Bahasa Itali Praktis II 2  
10 17000105 Konservasi Alam dan Lingkungan (Kankyo Hogo Kyoiku)* 2  
11 17000106 Pendidikan Anti Korupsi (Han’oshoku Kyoiku)* 2  
12 17000104 Olah Raga / Seni (Taiiku/Gijutsu Kyoiku)* 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-4 22  

 

Semester 5
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032505 Tata Bahasa Jepang V (Bunpo V) √ 4 Tata Bhs JepIV
2 1703032511 Percakapan Bahasa Jepang V (Kaiwa V) 2  
3 1703032519 Aksara Jepang V (Kanji V) 2  
4 1703032527 Pemahaman Teks Tertulis III (Dokkai III) 2  
5 1703032540 Kritik SastraJepang ( NihonBungaku Hyoron) 2  
6 1703032532 Terjemahan Jepang-Indonesia II (Nihongo-Indoneshiago Honyaku I) 2 Tata Bhs Jep III
7 1703032537 Sosiolinguistik Bahasa Jepang (Nihongo Shakaigengogaku) 2  
8 1703023551 Bahasa Inggris Persiapan TOEFL II (TOEFL Taisaku II) 2  
9 1703033548 Pendalaman Bahasa Jepang I (Nihongo Enshu I ) 2 Tata Bhs Jep III
10 1703043507 Bahasa Korea Praktis I (Kankokugo I ) ** 2  
11 1703043504 Persiapan JLPT N3 ** 2  
12 1703013511 Kemahiran Menulis (Raitingu Sukiiru)** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-5 24  

 

Semester 6
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032606 Tata Bahasa Jepang VI (Bunpo VI) √ 4 Tata Bhs Jep V
2 1703032612 Percakapan Bahasa Jepang VI (Kaiwa VI) 2  
3 1703032620 Aksara Jepang VI (Kanji VI) 2  
4 1703032628 Pemahaman Teks Tertulis IV (Dokkai IV) 2  
5 1703033649 Pendalaman Bahasa Jepang II (Nihongo Enshu II ) 2 Tata Bhs Jep IV
6 1703032641 Telaah Karya SastraJepang (NihonBungaku Sakuhin Enshu) 2  
7 1703032638 Pragmatik Bahasa Jepang (Nihongo Goyoron) 2  
8 1703033652 Metodologi Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya (Gengo Bungaku Bunka Kenkyu Hohoron) 2  
9 17000107 Bahasa Inggris/TOEFL  (Eigo/TOEFL) 2  
10 17000108 Kewirausahaan  (Intapurenerushippu) 2  
11 1703013612 Penulisan Kreatif (Kureatibu Raitingu)** 2  
12 1703013615 Filsafat Bahasa (Gengo Tetsugaku)** 2  
13 1703043608 Bahasa Korea Praktis II (Kankokugo I) 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-6 22  

 

Semester 7
No              Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032713 Percakapan Bahasa Jepang VII (Kaiwa VII) 2 Tata Bhs Jep IV
2 1703032733 Terjemahan Indonesia-Jepang (Indoneshiago-Nihongo Hon’yaku) 2 Tata Bhs Jep IV
3 1703032734 Terjemahan Karya Sastra Kontemporer Jepang dan Subtitle (Genzai Nihonbungaku Sakuhin  Subutaitoru Hon’yaku) 2 Tata Bhs Jep V
4 1703032747 Korespondensi Bahasa Jepang (Nihongo Buntsu) 2  
5 1703032753 Seminar  Praskripsi (Ronbun Enshu) 2 Metlit Bahasa, Sastra, dan Budaya
6 1703032745 Bahasa Jepang Bisnis I (Bijinesu Nihongo I ) 2 Tata Bhs Jep IV
7 1703033705 Budaya popular Jepang ( Nihon Taishu Bunka ) ** 2  
  1703033706 Praktik Kerja Lapangan (Intanshippu)** 2  
  1703033702 Japanese for Spesific Purpose II ( Bahasa Jepang Keperawatan )

( Bahasa Jepang Keperawatan (Kaigo Nihongo)**

2 Tata Bhs Jep IV
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-7 18  

 

Semester 8
No     Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703032814 Percakapan Bahasa Jepang VIII (Kaiwa VIII) 2 Tata Bhs Jep IV
2 1703032846 Bahasa Jepang Bisnis II (Bijinesu Nihongo II ) 2 Bahasa Jepang Bisnis I
3 1703033803 Japanese for Spesific Purpose III  ( Bahasa Jepang Kepariwisataan (Kankoyo Nihongo)** 2 Tata Bhs Jep IV
4 1703032854 Skripsi (Sotsuron) 6 Sudah menyelesaikan 120 sks
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-8 12  

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP)

  SEMESTER I    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang I 1703032101 Mata kuliah ini berisi tentang deskripsi  pola-pola kalimat sederhana yang berpredikat nomina,  adjektiva, dan verba, perubahan adjektiva dan verba, serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks  yang tepat, khususnya dalam situasi formal
2 Percakapan Bahasa Jepang I 1703032107 Mata kuliah ini berisi keterampilan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Aksara Jepang I 1703032115 Mata kuliah ini berisi pengenalan dan deskripsi sistem orthografi Jepang, yang meliputi huruf hiragana, katakana, dan kanji yang digunakan secara bersamaan dalam bahasa Jepang. Huruf hiragana dan katakana masing-masing berjumlah 120 buah. Sementara, huruf kanjinya berjumlah 120 buah beserta varian-variannya, yang terdiri atas jumlah struk, akar kanji, cara baca, makna dan kata bentukannya, serta penggunaannya dalam konteks kalimat yang tepat
4 Menyimak Bahasa Jepang I ( Chokai I) 1703032121 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keterampilan mendengar tingkat pemula yang meliputi penggunaan kalimat-kalimat sederhana, yang  berpredikat nomina, verba, dan ajektiva serta ungkapan sehari-hari, seperti ungkapan salam, permintaan maaf, terima kasih dalam bahasa Jepang dengan didukung oleh media audio visual
5 Linguistik Bahasa Jepang I (Nihongo Gengogaku I) 1703032135 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang hakikat bahasa sebagai objek kajian linguistik pembidangan ilmu linguistik yang mencakup (1) linguistik murni, termasuk di dalamnya bidang fonologi, morfologi, sintaksis, dan  semantik, (2) linguistik interdisipliner seperti sosiolinguistik, dan (3) linguistikterapan seperti pragmatik dan pengajaran bahasa. Dari pembidangan tersebut, sistem bunyi bahasa yang termasuk dalam kajian bidang fonologi
6 Masyarakat dan Kebudayaan Jepang (Nihon Shakai Bunka) 1703035143 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang budaya Jepang, tradisi, masyarakat serta pendidikan di sekolah Jepang, sehingga mahasiswa mampu menjelaskan, menguraikan dalam suatu presentasi atau tulisan. Konsep masyarakat tradisional, perubahan konsep tradisonal menjadi modern, massyarakat Jepang modern. Konsep nilai-nilai budaya tradisional dan modern.
7 Sejarah Jepang (Nihonshi) 1703035142 Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan dan deskripsi periodisasi  sejarah Jepang meliputi jaman Kuno , jaman Heian, jaman Pertengahan , jaman Pramodern , dan jaman Modern  dengan disertai aspek-aspek politik, sosial, dan budaya yang terjadi dalam setiap peristiwa sejarah setiap periode tersebut di atas.
8 Kesusastraan Jepang (Nihon Bungaku) 1703032139 Mata kuliah ini berisi ruang lingkup bidang kesusastraan secara universala, deskripsi secara umum sejarah terbentuknya kesusastraan Jepang, periode-periode dalam kesusastraan Jepang, dan pengenalan genre sastra yang muncul dalam kesusastraan Jepang, meliputi genre puisi, prosa,  dan drama.

 

  SEMESTER 2    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang II (Bunpo II) 1703032202 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Jepang I yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal
2 Percakapan Bahasa Jepang II (Kaiwa II) 1703032208 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang I yang berisi keterampilan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Aksara Jepang II (Kanji II) 1703032216 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Aksara Jepang II berisi deskripsi huruf kanji sebanyak 120 buah beserta varian-variannya yang mencakupi jumlah struk, akar kanji, cara baca, makna, kata bentukannya, dan cara penggunaannya dalam konteks yang tepat
4 Menyimak Bahasa Jepang II ( Chokai II) 1703032222 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Menyimak Bahasa Jepang I yang berisi tentang praktik penggunaan kalimat-kalimat sederhana dengan penekanan pada perubahan verba dalam situasi formal dengan didukung oleh media audio visual
5 Linguistik Bahasa Jepang II (Nihongo Gengogaku II) 1703032236 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Linguistik Bahasa Jepang I yang berisi deskripsi bidang sintaksis dan semantik. Bidang sintaksis mencakup unsur dan kaidah pembentukan kalimat, jenis kalimat, fungsi sintaksis, dan kategori gramatikal. Sementara bidang semantik berisi deskripsi makna sebagai objek kajiannya, relasi makna yang meliputi sinonim, antonim, polisemi, homonim, serta perubahan makna sebuah kata.
6 Pendidikan Kewarganegaraan (Dotoku Rinri Kyoiku) 17000101 Muatan Materi mata kuliah ini meliputi identitas nasional dan integrasi nasional Indonesia, hak dan kewajiban warga negara, negara dan konstitusi, demokrasi dan pendidikan demokrasi, HAM dan rule of law, wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia, Otnomi daerah serta Ketahanan Nasional Indonesia (geostrategi Indonesia).

 

7 Bahasa Indonesia (Indonesiago) 17000102 Mata kuliah ini berisi tentang ejaan, diksi, tata kalimat dan tata paragraf serta pengenalan penulisan ilmiah dan nonilmiah baik artikel maupun skripsi.
8 Dasar-dasar Filsafat dan Logika (Testugaku Ronrigaku Kiso) 1703013214 Mata kuliah ini berisi penjelasan tentang wawasan kebenaran ilmu pengetahuan melalui perspektif ilmu filsafat, ilmu pengetahuan tidak bebas nilai, dan semua cabang ilmu pengetahuanmemiliki kedudukan yang sejajar.
9 Pemahaman Lintas Budaya  (Bunka Sogo Rikai) 1703032244 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang keanekaragaman budaya di dunia dan pemahaman terhadap nilai-nilai yang berlaku secara global.

 

  SEMESTER 3    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang III  (BunpoIII) 1703032303 Mata kuliah yang merupakan kelanjutan dari Tata Bahasa Jepang II ini berisi tentang deskripsi lanjutan pola kalimat kompleks tingkat awal yang digunakan tidak hanya dalam situasi formal tetapi juga situasi tidak formal. Selain itu, berisi juga kalimat yang menyatakan honorifik beserta penggunaannya dalam konteks yang tepat.
2 Percakapan Bahasa Jepang III (Kaiwa III) 1703032309 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang II yang berisi keterampilan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan tidak formal dengan menggunakan kalimat sederhana dan kompleks dalam percakapan sehari-hari.
3 Aksara Jepang III (Kanji III) 1703032317 Mata kuliah ini adalah kelanjutan mata kuliah Aksara Jepang II yang berisi deskripsi huruf kanji sebanyak 120 buah beserta varian-variannya yang mencakupi jumlah struk, akar kanji, cara baca, makna, dan kata bentukannya, serta cara penggunaannya dalam konteks kalimat yang tepat
4 Menyimak Bahasa Jepang III (Chokai III) 1703032323 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Menyimak II yang berisi tentang praktik penggunaan kalimat kompleks dalam situasi formal dan tidak formaldengan menggunakan media audio visual.
5 Pemahaman Teks Tertulis I (Dokkai I) 1703032325 Mata kuliah ini berisi pembahasan beragam teks yang berkaitan dengan topik tertentu, seperti kebudayaan Jepang, meliputi upacara tahun baru di Jepang, hanami, kembang api di musim panas, dan pemandian air panas, pembahasan  kosa kata dan ungkapan yang menyertainya
6 Mengarang Bahasa Jepang I (Sakubun I) 1703032329 Mata kuliah ini berisi deskripsi cara membuat tulisan dalam bahasa Jepang tingkat dasar mulai dari penggunaan ungkapan dan pola kalimat, pemilihan kata, ki-sho-ten-ketsu, dan penentuan topik, seperti aktivitas keseharian, hobi, tempat tinggal, dan keluarga beserta praktik  penulisannya.
7 Bahasa Itali Praktis I 1703053309 Mata kuliah ini berisi pengenalan bahasa Italia sehari-hari yang mencakup ungkapan salam, perkenalan diri seperti penyebutan nama, pekerjaan, alamat, umur, dan hobi, keberadaan sesuatu dan seseorang.
8 Aplikasi Manajemen Perkantoran

(Koodinator Prodi Sistim Informasi

1703053313 Mata kuliah ini berisi tentang pengunaan komputer sebagai media teknologi informasi yang mencakup media internet, media sosial dan blog.
9 Pendidikan Pancasila 17000109 Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
10 Pendidikan Agama (Shukyo) 17000103 Konsep keutuhan dalam Islam. Hakikat manusia dalam Islam. Keimanan dan Ketakwaan. Aqidah, Syariah, Ibadah,  Sumber Hukum Islam, Etika Moral dan Akhlak, Iptek dan Seni Dalam Islam.
 

 

 

11

Japanese for Spesific Purpose I  ( Metode Pengajaran Bahasa Jepang )

(Metode Pengajaran Bahasa Jepang ( Nihongo Kyojuho) **

1703033301 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum beragam metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa, seperti audio lingual, metode komunikatif, dan metode learning community,  teknik yang lazim menyertai ketiga metode tersebut, kelebihan dan kekurangannya, dan penerapannya dalam bentuk micro teaching.

 

 

  SEMESTER 4    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang IV (Bunpo IV) √ 1703032404 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Jepang III yang berisi deskripsi  pola kalimat kompleks yang lebih rumit, seperti permohonan,  penawaran, penolakan dalam situasi formal serta penggunaannya dalam konteks yang tepat
2 Percakapan Bahasa Jepang IV(Kaiwa IV) 1703032410 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang III yang berisi keterampilan berbicara tingkat menengah awal dalam situasi formal dan tidak formal dengan menggunakan kalimat sederhana dan kalimat kompleks disertai ragam honorifik dalam percakapan sehari-hari.
3 Aksara Jepang IV (Kanji IV) 1703032418 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Aksara Jepang III yang berisi deskripsi huruf kanji sebanyak 120 buah beserta varian-variannya yang mencakupi jumlah struk, akarkanji, cara baca, makna dan kata bentukannya, serta cara penggunaannya dalam konteks yang tepat
4 Menyimak Bahasa Jepang IV (Chokai IV) 1703032424 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Menyimak III yang berisi praktik penggunaan kalimat yang lebih kompleks disertai dengan ragam honorifik yang didukung oleh media audio visual
5 Pemahaman Teks Tertulis II (Dokkai II) 1703032426 Mata kuliah yang merupakan kelanjutan dari Pemahaman Teks Tertulis I ini berisipembahasan topik, kosa kata, dan ungkapan yang terdapat dalam teks tingkatmenengah, seperti kehidupan orang asing di Jepang, ofuro di Jepang, kehidupan dikota besar, robot di Jepang, dan lain-lain.
6 Mengarang Bahasa Jepang II (Sakubun II) 1703032430 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Mengarang Bahasa Jepang I berisi praktik mengungkapkan ide dan gagasan dalam tulisan tentang topik tertentu, seperti tahun baru di Jepang, masakan Jepang, pakaian tradisional Jepang dengan menggunakan bahasa Jepang tingkat menengah.
7 Terjemahan Jepang-Indonesia I (Nihongo-Indoneshiago Honyaku I) 1703032431 Mata kuliah ini berisi deskripsi batasan penerjemahan, proses penerjemahan yang meliputi metode, strategi penerjemahan dan penerapannya dalam teks yang sederhana berbahasa Jepang sebagai teks sumber ke dalam bahasa Indonesia sebagai teks sasaran.
8 Bahasa Inggris Persiapan TOEFL I (TOEFL Taisaku I) 1703023450 Mata kuliah bahasa Inggris tingkat menengah yang membangun atau meningkatkan ketrampilan akademis, yaitu listening, speaking, reading, writing, structure yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan soal-soal TOEFL dan strategi-strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan untuk meningkatkan nilai TOEFL
9 Bahasa Itali Praktis II 1703053410 Mata kuliah ini kelanjutan dari Bahasa Itali Praktis I yang berisi cara pengunaan bahasa Italia sehari-hari yang mencakup ungkapan salam, perkenalan diri seperti penyebutan nama, pekerjaan, alamat, umur, dan hobi, keberadaan sesuatu dan seseorang.
10 Konservasi Alam dan Lingkungan (Kankyo Hogo Kyoiku)* 17000105 Mata kuliah konservasi Alam dan Lingkungan membahas prinsip-prinsip umum konservasi alam dan lingkungan (Konsep konservasi alam, Konsep Ekologi, Keakayaan alam Indonesia); Pembangunan berkelanjutan dan permasalahan lingkungan (Pembangunan berkelanjutan, Ekonomi hijau, Konstitusi hijau, Permasalahan Lingkungan; Program konservasi dan etika lingkungan (Program konservasi in-situ di Indonesia, Program konservasi ex-situ di Indonesia, Kebun binatang, Etika lingkungan); Kondisi lingkungan di Indonesia (Kondisi lingkungan perkotaan, Kondisi lingkungan pedesaan, Kondisi lingkungan kawasan hutan alam).
11 Pendidikan Anti Korupsi (Han’oshoku Kyoiku)* 17000106 Merupakan salah satu mata kuliah pilihan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan kajian dari sebuah disiplin ilmu hukum dan sosial politik. Tujuan dari adanya matakuliah ini ialah; agar mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk korupsi, faktor penyebab tindakan korupsi, sanksi pidana atas korupsi, penanganan terhadap tindakan korupsi, dan pembentukan karakter mahasiswa yang anti terhadap korupsi.
12 Olah Raga / Seni (Taiiku/Gijutsu Kyoiku)* 17000104 Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai pengantar olahraga dan seni: definisi olahraga dan kesenian, aspek-aspek filasafat ilmu dalam olahraga dan seni, seperti aspek ontologi, epismologi dan aksiologi. Konsep keunggulan komparatif olahraga dan kesenian, hakekat kegunaan ilmu olahraga dan kesenian.

 

  SEMESTER 5    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang V 1703032505 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Tata Bahasa Jepang IV yang berisi deskripsi pola kalimat kompleks secara lebih mendalam dalam berbagai konteks penggunaan.
2 Percakapan Bahasa Jepang V 1703032511 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang IV yang berisi keterampilan berbicara tingkat menengah awal dalam situasi formal dan tidak formal dengan menggunakan kalimat sederhana dan kalimat kompleks dalam konteks tertentu, seperti yang berkaitan dengan penggunaan fasilitas umum.
3 Aksara Jepang V 1703032519 Mata kuliah ini adalah kelanjutan mata kuliah Aksara Jepang IV berisi deskripsi huruf kanji sebanyak 120 buah beserta varian-variannya yang mencakupi jumlah struk, akar kanji, cara baca, makna, kata bentukannya, sinonim, serta cara penggunaannya dalam konteks yang tepat
4 Pemahaman Teks Tertulis III 1703032527 Mata kuliah ini adalah kelanjutan mata kuliah Pemahaman Teks Tertulis II yang berisi pembahasan topik, kosa kata, dan ungkapan yang terdapat dalam teks tingkat menengah lanjut
5 Kritik Sastra Jepang 1703032540 Mata kuliah ini berisi deskripsi  secara umum tentang berbagai teori sastra, di antaranya strukturalisme, Semiotika, sosiologi sastra, psikologi sastra, feminisme, dan multikulturalisme yang dapat digunakan untuk menganalisis karya-karya sastra baik puisi, prosa, maupun drama.
6 Terjemahan Jepang-Indonesia II 1703032532 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Terjemahan Bahasa Jepang – Indonesia I berisi deskripsi beragam teknik penerjemahan dan penerapannya dalam teks tingkat dasar dan menengah.
7 Sosiolinguistik Bahasa Jepang 1703032537 Mata kuliah ini berisi deskripsi dan penjelasan tentang hubungan antara bahasa dengan penggunanya, yang meliputi variasi bahasa dan bilingualisme. Variasi bahasa diklasifikasikan berdasarkan letak geografis, usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, media yang digunakan.
8 Bahasa Inggris Persiapan TOEFL II 1703023551 Mata kuliah kelanjutan dari Bahasa Inggris TOEFL I yang memberikan orientasi umum bagi mahasiswa terhadap TOEFL dan juga review pada keahlian akademis tingkat lanjut, yaitu listening, speaking, reading, writing, dan structure yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab soal-soal TOEFL dan strategi dalam mengikuti tes yang bertujuan untuk meningkatkan nilai TOEFL.
9 Pendalaman Bahasa Jepang I 1703033548 Mata kuliah ini berisi pendalaman bahasa Jepang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup pengetahuan huruf, kosa kata, tata bahasa, teks, menyimak.
10 Bahasa Korea Praktis I ) ** 1703043507 Mata kuliah ini berisi pengenalan bahasa Korea sehari-hari yang mencakup ungkapan salam, perkenalan diri seperti penyebutan nama, pekerjaan, alamat, umur, dan hobi, keberadaan sesuatu dan seseorang. Serta pengenalan aksara korea
11 Persiapan JLPT N3 ** 1703043504  

 

12 Kemahiran Menulis ** 1703013511 Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan teknik dan cara menulis komposisi yang berbentuk narasi, deskripsi, ekposisi, persuasi, dan argumentasi.

 

  SEMESTER 6    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa Jepang VI 1703032606 Mata kuliah yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah Tata Bahasa Jepang V ini berisi pola kalimat kompleks secara lebih mendalam baik dari konteks penggunaannya maupun variasi kosa kata yang terdapat dalam berbagai tema teks.
2 Percakapan Bahasa Jepang VI 1703032612 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang V yang berisi keterampilan berbicara tingkat menengah lanjut dalam situasi formal berkenaan dengan cara mengungkapkan keinginan, penawaran, permohonan dan penolakan, pendapat, dan ketidaksetujuan
3 Aksara Jepang VI 1703032620 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Aksara Jepang V, berisi deskripsi huruf kanji sebanyak 120 buah beserta varian-variannya yang mencakupi jumlah struk, akar kanji, cara baca, kata bentukannya, sinonim, antonim, serta cara penggunaannya dalam konteks yang tepat.
4 Pemahaman Teks Tertulis IV 1703032628 Mata kuliah yang merupakan kelanjutan mata kuliah Pemahaman Teks Tertulis III ini berisi pembahasan topik dalam beragam teks tingkat menengah, seperti tentang pilihan dalam hidup, image terhadap warna, keinginan, impian disertai dengan kosakata dan ungkapan dalam konteks tersebut.
5 Pendalaman Bahasa Jepang II 1703033649 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari pendalaman bahasa Jepang I yang berisi bahasa Jepang yang digunakan tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam lingkup yang lebih luas, seperti dalam artikel surat kabar dan majalah serta dalam bentuk lisannya
6 Telaah Karya Sastra Jepang 1703032641 Mata kuliah ini berisi kajian tentang karya-karya sastra Jepang modern dan kontemporer secara intrinsik maupun ekstrinsik dengan menggunakan salah satu teori, seperti psikologi sastra dan sosiologi sastra.
7 Pragmatik Bahasa Jepang 1703032638 Mata kuliah ini berisi deskripsi dan penjelasahubungan antara bahasa dengan tindak tutur sebagai objek kajian ilmu pragmatik, kesantunan, implikatur, prinsip kerja sama dan penerapannya dalam bahasa Jepang.
8 Metodologi Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya 1703033652 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah  yang berisi batasan penelitian, jenis penelitian yang sesuai dengan ilmu humaniora, langkah-langkah dalam penelitian,  metode ilmiah, kajian kepustakaan, sistem perujukan, penyusunan daftar pustaka, pembuatan abstrak dan rancangan penyusunan proposal penelitian baik dalam bidang sastra, budaya maupun linguistik sesuai minat.
9 Bahasa Inggris/TOEFL 17000107 Mata kuliah ini mengukur kecakapan bahasa Inggris mahasiswa pada tingkat lanjut yang berkonsentrasi pada ke empat kemahiran utama yaitu listening, speaking, reading, writing dan struktur bahasa Inggris.
10 Kewirausahaan

 

17000108 Mata kuliah ini bertujuan mengubah pola pikir mahasiswa agar menjadi pribadi yang tangguh dan siap bersaing dalam dunia enterprenership.
11 Penulisan Kreatif ** 1703013612 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang nilai kreativitas dalam dunia tulis menulis, khususnya penulisan  karya sastra yangmengandung nilai etik dan estetik.
12 Filsafat Bahasa** 1703013615 Mata kuliah ini berisi tenatang konsep umum, ruang lingkup, dan orientasi filsafat bahasa.
13 Bahasa Korea Praktis II** 1703043608 Mata kuliah ini kelanjutan dari Bahasa Korea Praktis I yang berisi cara pengunaan bahasa Korea sehari-hari yang mencakup ungkapan salam, perkenalan diri seperti penyebutan nama, pekerjaan, alamat, umur, dan hobi, keberadaan sesuatu dan seseorang.

 

  SEMESTER 7    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Percakapan Bahasa Jepang VII 1703032713 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang VI yang berisi keterampilan berbicara tingkat lanjut yang diwujudkan dalam bentuk wawancara dan presentasi berkenaan dengan tema tertentu, seperti kehidupan sehari-hari.
2 Terjemahan Indonesia-Jepang 1703032733 Mata kuliah ini berisi penerapan metode, strategi, dan teknikpenerjemahan dalam teks bahasa Indonesia yang sederhana, seperti teks sosial.
3 Terjemahan Karya Sastra Kontemporer Jepang dan Subtitle 1703032734 Mata kuliah ini berisi penerapan metode, strategi, dan teknik penerjemahan dalam karya sastra kontemporer yang pendek dan subtitle film-film modern.
4 Korespondensi Bahasa Jepang 1703032747 Mata kuliah ini berisi deskripsi tentang jenis surat formal yang bersifat manual atau elektronik, bentuk surat, ungkapan dalam surat, seperti bagian pembuka, isi, dan penutup beserta praktik penerapannya secara langsung baik.
5 Seminar  Praskripsi 1703032753 Mata kuliah ini berisi praktik penyusunan proposal penelitian dalam bidang linguistik, sastra, atau pun budaya sesuai dengan minat masing-masing dilandasi oleh metode ilmiah beserta praktik presentasinya secara individual.
6 Bahasa Jepang Bisnis I 1703032745 Mata kuliah ini berisi deskripsi dan penjelasan tentang tata cara dan etika berbisnisdengan orang Jepang, etos kerja orang Jepang, dan ragam bahasa yang digunakandalam berbisnis, yang mencakup ungkapan dan ragam honorifik serta penerapannya.
7 Budaya popular Jepang  ** 1703033705 Mata kulian ini berisi pengenalan dan pembahasan

Produk-produk  budaya tradisional Jepang seperti : Noh, kabuki,kyogen,dan bunraku. Serta  produk budaya modern (popular)  Jepang secara umumseperti anime,  manga, cosplay, game dan karaoke.

8 Praktik Kerja Lapangan** 1703033706 Mata kuliah ini berisi praktik penggunaan bahasa Jepang dan penerapan nilai-nilai budaya yang sudah dipelajari di dunia kerja, dalam hal ini adalah perusahaan Jepang yang ada di Jakarta.
9 Japanese for Spesific Purpose II ( Bahasa Jepang Keperawatan)

(Bahasa Jepang Keperawatan (Kaigo Nihongo)**

1703033702 Mata kuliah ini berisi pengenalan ragam bahasa Jepang bidang medis tingkat pemula, yang mencakupi kalimat, kosa kata, dan ungkapan yang digunakan beserta praktik penggunaannya dalam konteks yang sederhana.

 

 

  SEMESTER 8    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Percakapan Bahasa Jepang VIII 1703032814 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Percakapan Bahasa Jepang VI I yang berisi keterampilan berbicara tingkat lanjut yang diwujudkan dalam bentuk diskusi dengan tema tertentu, seperti masalah sosial dan budaya.
2 Bahasa Jepang Bisnis II 1703032846 Mata kuliah yang merupakan kelanjutan mata kuliah Bahasa Jepang Bisnis I ini   berisi praktik penggunaan ragam bahasa Jepang bisnis, seperti di telepon.
3 Japanese for Spesific Purpose III  ( Bahasa Jepang Kepariwisataan ** 1703033803 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang teknik dan etika dalam memandu turis dan pengetahuan dasar tentang nilai-nilai budaya Indonesia dan Jepang.
4 Skripsi 1703032854 Istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

 

 

4.4 Program Studi Bahasa Korea

 

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang Bahasa dan Budaya Korea di tingkat nasional pada tahun 2023.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan profesional di bidang Bahasa dan Budaya Korea.
  2. Mengembangkan Ilmu Kebahasaan dan Kebudayaan Korea melalui kegiatan penelitian yang berlandaskan etika akademik secara berkesinambungan.
  3. Menerapkan Keahlian Berbahasa Korea dan pengetahuan tentang Budaya Korea untuk peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat dengan didukung oleh kerja sama antara lembaga pemerintah dan nonpemerintah baik dalam maupun luar negeri, serta dunia usaha.

 

 

 

 

Tujuan

  1. Dihasilkannya lulusan yang berkualitas dan berdaya saing sesuai dengan standar kualifikasi dan kompetensi SN-DIKTI bidang Bahasa Korea secara nasional.
  2. Dihasilkannya lulusan yang memiliki keunggulan yang profesional dan berdaya saing sesuai dengan standar kualifikasi sarjana Bahasa Korea secara nasional.
  3. Dihasilkannya kajian-kajian ilmiah yang berkaitan dengan Kebahasaan dan Kebudayaan Korea dengan standar karya ilmiah yang berlaku secara nasional dan internasional.
  4. Dihasilkannya karya-karya tentang kajian budaya korea yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang kreatif dalam kaitannya dengan peningkatan pembangunan bidang karya Bahasa dan Budaya Korea.
  5. Terjalinnya kerja sama dengan instansi pemerintah maupun non-pemerintah baik dalam maupun luar negeri serta dunia usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Ketua Program Studi               : Fahdi Sachiya, S.S., M.A.

Sekretaris Program Studi        : —

 

 

Staf Pengajar

                                             

No. Nama Dosen Inisial No. Induk Dosen (NIDN)
1 Evan Tjahjono Putra, S.S., M.Ba. ETP 0303118402
2 Fahdi Sachiya, S.S., M.A. FS 0110160873
3 Fitri Meutia, S.S., M.A. FM 0112150861
4 Heri Suheri, S.S., M.M. HS 110008068
5 Maftuchah Dwi Agustina, SS.,M.Hum. MDA 060216054
6 Ndaru Catur Rini, Dra., M.Ikom NC 110005077
7 Rurani Adinda, Dra., M.A. RA 0103040705
8 Shua Jung, M.A. SJ 060417040
9 Tri Rahayu Mayasari, S.S., M.Hum TR 0324048804
10 Yayah Cheriyah, S.E., M.A YC 0316078404
11 Zaini, S.Sos., M.A. Z 0103080778

 

 

 

 

KURIKULUM OPERASIONAL

NO KODE MATA KULIAH WAJIB UNIVERSITAS SKS  
1 00000103 PENDIDIKAN AGAMA 2  
2 00000102 BAHASA INDONESIA 2  
3 00000109 PANCASILA 2  
4 00000101 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2  
5 00000108 BAHASA INGGRIS / TOEFL 2  
6 00000107 KEWIRAUSAHAAN 2  
7 00000104 OLAHRAGA / SENI * 2  
8 00000105 KONSERVASI ALAM DAN LINGKUNGAN * 2  
9 00000106 PENDIDIKAN ANTI KORUPSI  * 2  
      TOTAL 14 SKS
         
    MATA KULIAH PROGRAM STUDI    
10 1703040101 TATA BAHASA I 2  
11 1703040202 TATA BAHASA II 2  
12 1703040303 TATA BAHASA IIII 2  
13 1703040404 TATA BAHASA IV 2  
14 1703040505 TATA BAHASA V 2  
15 1703040606 TATA BAHASA VI 2  
16 1703040707 TATA BAHASA VII 2  
18 1703040108 MENYIMAK DAN BERBICARA I 4  
19 1703040209 MENYIMAK DAN BERBICARA II 4  
20 1703040310 MENYIMAK DAN BERBICARA III 4  
21 1703040411 MENYIMAK DAN BERBICARA IV 4  
22 1703040512 MENYIMAK DAN BERBICARA V 4  
23 1703040613 MENYIMAK DAN BERBICARA VI 4  
24 1703040114 MEMBACA DAN MENULIS I 4  
25 1703040215 MEMBACA DAN MENULIS II 4  
26 1703040316 MEMBACA DAN MENULIS III 4  
27 1703040417 MEMBACA DAN MENULIS IV 4  
28 1703040518 MEMBACA DAN MENULIS V 4  
29 1703040619 MEMBACA DAN MENULIS VI 4  
30 1703040320 PENGANTAR LINGUISTIK 4  
31 1703040621 SEMANTIK DAN PRAGMATIK BAHASA KOREA 4  
32 1703040422 FONETIK DAN FONOLOGI BAHASA KOREA 4  
33 1703040523 MORFOSINTAKSIS BAHASA KOREA 4  
34 1703040124 PENGANTAR SEJARAH KOREA 2  
35 1703040225 MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN KOREA 2  
36 1703040226 PENGANTAR SASTRA KOREA 2  
37 1703040327 SEJARAH KOREA KONTEMPORER 2  
38 1703040328 PENGANTAR EKONOMI KOREA 2  
39 1703040329 TERJEMAHAN KOREA – INDONESIA I 2  
40 1703040430 TERJEMAHAN KOREA – INDONESIA II 2  
41 1703040531 TERJEMAHAN INDONESIA – KOREA 2  
42 1703040432 PARIWISATA KOREA 2  
43 1703040433 KOMPUTER KOREA 2  
44 1703040734 BUDAYA PERUSAHAAN KOREA 2  
45 1703040735 BAHASA KOREA BISNIS 2  
46 1703040536 METODE PENGAJARAN BAHASA KOREA 2  
47 1703040137 RELIGI MASYARAKAT KOREA 2  
48 1703040738 KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI RETORIKA / PUBLIC SPEAKING 2  
49 1703040539 PRILAKU ORGANISASI KOREA 2  
50 1703040640 METODE PENELITIAN BAHASA DAN BUDAYA 4  
51 1703040741 SEMINAR PRA SKRIPSI / PROPOSAL PENELITIAN 4  
52 1703040842 SKRIPSI 6  
      TOTAL 124 SKS
         
         
         
    MATA KULIAH PILIHAN    
53 1703050343 KOMPUTER UMUM * 2  
54 1703050344 PENYUNTINGAN I * 2  
55 1703050645 PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA KOREA * 2  
56 1703050746 EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA KOREA * 2  
57 1703050447 HUBUNGAN INTERNASIONAL KAWASAN ASIA TIMUR DAN PASIFIK (KOORDINATOR PRODI HI)*** 2  
58 1703050448 APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN (KOORDINATOR PRODI SISTEM INFORMASI)** 2  
59 1703050549 PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA 2  
      TOTAL 14 SKS

 

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH PER SEMESTER

Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040101 TATA BAHASA  I 2  
2 1703040108 MENYIMAK DAN BERBICARA I 4  
3 1703040114 MEMBACA DAN MENULIS I 4  
4 1703040124 PENGANTAR SEJARAH KOREA 2  
5 1703040137 RELIGI MASYARAKAT KOREA 2  
6 00000109 PANCASILA * 2  
7 00000103 PENDIDIKAN AGAMA* 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-1 18 SKS  

 

Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040202 TATA BAHASA  II 2  
2 1703040209 MENYIMAK DAN BERBICARA II 4  
3 1703040215 MEMBACA DAN MENULIS II 4  
4 1703040226 PENGANTAR SASTRA KOREA 2  
5 1703040225 MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN KOREA 2  
6 00000101 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN* 2  
7 00000104

00000105

00000106

OLAHRAGA / SENI, *

KONSERVASI ALAM LINGKUNGAN, PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-2 18 SKS  

 

 

 

 

Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040303 TATA BAHASA III 2 TATA BAHASA I, II
2 1703040310 MENYIMAK DAN BERBICARA III 4 MENYIMAK DAN BERBICARA I, II
3 1703040316 MEMBACA DAN MENULIS III 4 MEMBACA DAN MENULIS I, II
4 1703040328 PENGANTAR EKONOMI KOREA 2  
5 1703040327 SEJARAH KOREA KONTEMPORER 2  
6 1703040320 PENGANTAR LINGUISTIK 4  
7 1703040329 TERJEMAHAN KOREA – INDONESIA I 2  
8 1703050343 KOMPUTER UMUM ** 2  
9 1703050344 PENYUNTINGAN I** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-3 24 SKS  

 

Semester 4
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040404 TATA BAHASA IV 2 TATA BAHASA III
2 1703040411 MENYIMAK DAN BERBICARA IV 4 MENYIMAK DAN BERBICARA III
3 1703040417 MEMBACA DAN MENULIS IV 4 MEMBACA DAN MENULIS III
4 1703040430 TERJEMAHAN KOREA – INDONESIA II 2 TERJEMAHAN KOREA – INDONESIA I
5 1703040432 PARIWISATA KOREA 2  
6 1703040433 KOMPUTER KOREA 2  
7 1703040422 FONETIK DAN FONOLOGI BAHASA KOREA 4  
8 1703050447 HUBUNGAN INTERNASIONAL KAWASAN ASIA TIMUR DAN PASIFIK (KOORDINATOR PRODI HI)** 2  
9 1703050448 APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN (KOORDINATOR PRODI SISTEM INFORMASI) ** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-4 24 SKS  

 

Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040505 TATA BAHASA  V 2 TATA BAHASA  IV
2 1703040512 MENYIMAK DAN BERBICARA V 4 MENYIMAK DAN BERBICARA IV
3 1703040518 MEMBACA DAN MENULIS V 4 MEMBACA DAN MENULIS IV
4 1703040523 MORFOSINTAKSIS BAHASA KOREA 4  
5 1703040531 TERJEMAHAN INDONESIA – KOREA 2  
6 1703040536 METODE PENGAJARAN BAHASA KOREA 2  
7 1703040539 PRILAKU ORGANISASI KOREA 2  
8 00000108 BAHASA INGGRIS/TOEFL* 2  
9 1703050549 PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-5 24 SKS  

 

Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040606 TATA BAHASA  VI 2 TATA BAHASA V
2 1703040613 MENYIMAK DAN BERBICARA VI 4 MENYIMAK DAN BERBICARA V
3 1703040619 MEMBACA DAN MENULIS VI 4 MEMBACA DAN MENULIS V
4 1703040640 METODE PENELITIAN BAHASA DAN BUDAYA 4  
5 1703040621 SEMANTIK DAN PRAGMATIK BAHASA KOREA 4  
6 00000102 BAHASA INDONESIA* 2  
7 00000107 KEWIRAUSAHAAN* 2  
8 1703050645 PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA KOREA ** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-6 24 SKS  

 

Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040707 TATA BAHASA VII 2 TATA BAHASA VI
2 1703040735 BAHASA KOREA BISNIS 2  
3 1703040734 BUDAYA PERUSAHAAN KOREA 2  
4 1703040738 KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI RETORIKA / PUBLIC SPEAKING 2  
5 1703040741 SEMINAR PRA SKRIPSI / PROPOSAL PENELITIAN 4  
6 1703050746 EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA KOREA** 2  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-7 14 SKS  

 

 

Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS Keterangan
1 1703040842 SKRIPSI 6  
Jumlah SKS yang wajib diambil di semester ke-8 6         SKS  

                                                   

 

DESKRIPSI MATA KULIAH DI SETIAP SEMESTER (GANJIL DAN GENAP)

  SEMESTER I    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa I 1703040101 Mata kuliah ini berisi tentang deskripsi  pola-pola kalimat sederhana yang berpredikat nomina,  adjektiva, dan verba, perubahan adjektiva dan verba, serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks  yang tepat, khususnya dalam situasi formal dan informal.
2 Menyimak dan berbicara I 1703040108 Mata kuliah ini berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis I 1703040114 Mata kuliah ini berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Pengantar Sejarah Korea 703040124 Mata kuliah ini berisi tentang pengenalan dan deskripsi periodisasi  sejarah Korea, dengan disertai aspek-aspek politik, sosial, dan budaya yang terjadi dalam setiap peristiwa sejarah setiap periode tersebut di atas.
5 Religi masyarakat Korea 1703040137 Mata kuliah ini berisi pengenalan secara umum tentang religi mayarakat Korea, bagaimana masyarakat Korea hidup bersosialisasi berlandaskan religi (keagamaan)
6 Pancasila 00000109 Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bernegara.
7 Pendidikan agama 00000103 Mata kuliah ini membahas tentang pendidikan agama, yang terbagi atas pendidikan agama, seperti agama islam, Kristen, hindu, maupun budha. Mahasiswa dapat memilih tentang agama yang dianut sesuai kepercayaannya.

 

SEMESTER 2
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa II 1703040202 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea II yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Menyimak dan berbicara II  

 

1703040209

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah menyimak dan berbicara II yang berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis II 1703040215 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah membaca dan menulis II yang berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Pengantar sastra Korea 1703040226 Mata kuliah ini menjelaskan konsep-konsep dasar sastra dan berbagai genre sastra, meliputi hakikat sastra, karakteristik bahasa sastra, pendekatan kesastraan, hakikat dan unsur instrinsik puisi, fiksi, dan drama.
5 Masyarakat dan kebudayaan Korea 1703040225 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengenalan terkait kondisi masyarakat dan kebudayaan korea. perkembangan sosial masyarakat dan kebudayaan korea terkini.
6 Pendidikan Kewarganegaraan 00000101 Mata kuliah ini membahas tentang penyelenggaraan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikultural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga Negara yang sadar akan hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil, dan berkarakter.
7 Olahraga / Seni 00000104  
8 Konservasi alam lingkungan 00000105

 

Mata kuliah ini mengkaji konservasi lingkungan dari aspek-aspek latar belakang malasah pentingnya kebijakan, strategi dan teknologi konservasi lingkungan yang meliputi konservasi tanah air, sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
9 Pendidikan anti korupsi 00000106 Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian korupsi, ruang lingkup, bentuk-bentuk, pembentuk prilaku koruptif. Memahas faktor penyebab, korupsi, dampak massif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi.

 

 

 

SEMESTER 3
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa III 1703040303 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea II yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Menyimak dan berbicara III  

 

1703040310

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah menyimak dan berbicara II yang berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis III 1703040316 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah membaca dan menulis II yang berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Pengantar Ekonomi Korea 1703040328 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar ekonomi korea, menjelaskan tentang ilmu ekonomi dan gambaran perekonomian Korea.
5 Sejarah Korea Kontemporer 1703040327 Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai peristiwa aktual dan popular yang terjadi di Korea selatan yang memengaruhi situasi dan perkembangan di Indonesia dan dunia.
6 Pengantar Linguistik 1703040320 Mata kuliah ini membahas tentang hakikat bahasa, proses dan fungsi komunikasi bahasa, sistem dan struktur bahasa, satuan-satuan bahasa, metodologi penelitian bahasa, bidang-bidang kajian linguistik, sejarah perkembangan linguistik.
7 Terjemahan Korea – Indonesia I 1703040329 Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dasar penerjemahan dari teks korea dalam teks Indonesia, menemumadankan pilihan kata Korea ke dalam kata kata Indonesia
8 Komputer Umum** 1703050343 Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan aplikasi komputer seperti word dan excel.
9 Penyuntingan I** 1703050344 Mata kuliah ini membahas tentang metode penyuntingan penulisan, teknik pemilihan kata, penggunaan istilah, dan lain-lain

 

 

SEMESTER 4
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa IV 1703040404 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea III yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Menyimak dan berbicara IV 1703040411 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah menyimak dan berbicara III yang berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis IV 1703040417 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah membaca dan menulis III yang berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Terjemahan Korea – Indonesia II 1703040430 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari terjemahan Korea–Indonesia I, berfokus pada penerjemahan yang terkait bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya.
5 Pariwisata Korea 1703040432 Mata kuliah ini membahas tentang jenis-jenis pariwisata yang dapat dinikmati oleh orang-orang asing khususnya Indonesia, cirri khas serta keunikan masing-masing lokasi wisata.
6 Komputer Korea 1703040433 Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan aplikasi komputer korea atau disebut Haansoft. Software ini sama dengan microfost word namun bentuk perintahnya dalam bahasa Korea.
7 Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea 1703040422 Mata kuliah ini membahas tentang ilmu bahasa yang menyelidiki, mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
8 Hubungan Internasional Kawasan Asia Timur dan Pasifik (Koordinator Prodi HI)** 1703050447 Mata kuliah ini membahas tentang hubungan internasional Negara-negara di kawasan asia timur dan pasifik. Hubungan sosial, politik, budaya.
9 Aplikasi Manajemen Perkantoran (Koordinator Prodi Sistem Informasi)** 1703050448 Mata kuliah ini membahas tentang aplikasi manajemen perkantoran, prinsip-prinsip aplikasi, metode penggunaan.

 

 

SEMESTER 5
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa V 1703040505 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea IV yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Menyimak dan berbicara V 1703040512 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah menyimak dan berbicara IV yang berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis V 1703040518 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah membaca dan menulis IV yang berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Morfosintaksis Bahasa Korea 1703040523 Mata kuliah ini merupakan gabungan dari morfologi dan sintaksis. Menelaah struktur atau bentuk kata, melalui penggunaan morfem. Serta menelaah kaidah-kaidah yang mengatur cara kata-kata dikombinasikan untuk membentuk kalimat dalam suatu bahasa.
5 Terjemahan Indonesia – Korea 1703040531 Mata kuliah ini berisi kelanjutan dari terjemahan korea – Indonesia I, II,  mempelajari tentang bagaimana menerjemahkan dari bahasa sumber yaitu bahasa Indonesia ke bahasa tujuan, yaitu bahasa Korea
6 Metode Pengajaran Bahasa Korea 1703040536 Mata kuliah ini berisi deksripsi tentang metode-meteode pengajaran yang dapat diterapkan dalam mengajar orang lain, tentang bahasa Korea terkait empat kemampuan yang harus dimiliki dalam belajar bahasa.
7 Prilaku Organisasi Korea 1703040539 Mata kuliah ini berisi deskripsi prinsip-prinsip dasar berprilaku dalam budaya kerja perusahaan Korea, bersosialisasi dengan rekan kerja berdasarkan hirarki organisasi.
8 Bahasa Inggris/Toefl** 00000108 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, yang bertujuan untuk menyegarkan kemampuan dasar bahasa inggris yang telah dimiliki.
9 Pemahaman Lintas Budaya** 1703050549  

 

  SEMESTER 6    
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa VI 1703040606 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea V yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Menyimak dan berbicara VI 1703040613 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah menyimak dan berbicara V yang berisi keterampilan menyimak dan berbicara tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
3 Membaca dan menulis VI 1703040619 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah membaca dan menulis V yang berisi keterampilan membaca dan menulis tingkat dasar dalam situasi formal dan informal dengan menggunakan kalimat sederhana yang menekankan pada perubahan verba dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.
4 Metode penelitian bahasa dan budaya 1703040640 Mat a kuliah ini membahas tentang metode-metode penelitian bahasa maupun budaya. Dijelaskan prinsip-prinsip dasar pemilihan judul, teori penelitian.
5 Semantik dan Pragmatik Bahasa Korea 1703040621 Mata kuliah ini membahas hakikat semantik, hubungan semantik dengan ilmu lain, objek kajian semantik, dan perubahan makna serta relasi makna. Sedangkan pragmatik membahas pengertian pragmatic, ruang lingkup kajian, tindak tutur yang meliputi lokusi, ilokusi, dan perlokusi, deiksis, implikatur, prinsip kerja sama, prinsip kesopanan.
6 Bahasa Indonesia* 00000102 Mata kuliah ini membahas teori-teori tentang kebahasaan dan melatih keterampilan menulis ragam ilmiah. Topik meliputi perkembangan bahasa Indonesia, ragam, dan fungsi bahasa Indonesia.
7 Kewirausahaan* 00000107 Mata kuliah ini terdiri dari teori tentang konsep dasar kewirausahaan, meliputi, sikap, kepribadian dan profil seorang wirausaha, pengenalan potensi diri, pengembangan kemampuan manajerial, keberanian mengambil resiko, pengenalan fungsi model kewirausahaan.
8 Perencanaan Pembelajaran Bahasa Korea** 1703050645 Mata kuliah pilihan prodi ini, merupakan lanjutan dari mata kuliah pilihan metode pengajaran bahasa Korea, membahas tentang persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum melakukan proses belajar mengajar.

 

 

SEMESTER 7
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Tata Bahasa VII 1703040707 Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah Tata Bahasa Korea VI yang berisi tentang deskripsi  lanjutan pola-pola kalimat yang sederhana dan kalimat kompleks tingkat awal serta penggunaan kalimat tersebut dalam konteks yang tepat, khususnya  dalam situasi formal dan informal
2 Bahasa Korea Bisnis 1703040735 Mata kuliah ini berisi deskripsi dan penjelasan tentang tata cara dan etika berbisnis dengan orang Korea, etos kerja orang Korea, ragam bahasa yang digunakan dalam berbisnis, yang mencakup ungkapan dan ragam honorific serta penerapannya.
3 Budaya Perusahaan Korea 1703040734 Mata kuliah ini berisi deskripsi pengenalan tentang budaya-budaya kerja yang sering dilakukan oleh orang Korea, disiplin kerja orang Korea, dan menanamkan pola pilkir bagaimana orang Korea bekerja.
4 Kemampuan Berkomunikasi Retorika / Public Speaking 1703040738 Mata kuliah ini berisi deskripsi tentang prinsip-prinsip dasar berbicara di depan publik, aturan-aturan dasar yang harus diikuti dalam berkomunikasi.
5 Seminar Pra Skripsi / Proposal Penelitian 1703040741 Mata kuliah ini berisi deskripsi tentang gambaran penulisan skripsi yang akan diajukan, mencakup penulisan proposal Skripsi, metode-metode penulisan yang sesuai dengan judul yang akan diangkat.
6 Evaluasi Pembelajaran Bahasa Korea* 1703050746 Mata kuliah pilihan ini merupakan tindak lanjut dari perencanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan, bagaimana menilai hasil proses pembelajaran yang hasil evaluasinya akan digunakan sebagai dasar untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

 

 

SEMESTER 8
No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Deskripsi
1 Skripsi 1703040842 Mata kuliah ini membahas tentang penelitian bahasa dan budaya korea, persiapan dari awal penelitian skripsi, proses, hasil, sampai pada siding akhir skripsi keluusan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V SARANA PENDIDIKAN

 

5.1 Ruang Kuliah

Ruang perkuliahan terletak di Kampus UNAS Blok II, III, IV dengan jumlah dan luas yang cukup, dilengkapi dengan komputer, jaringan internet, dan LCD Projector.

5.2 Perpustakaan

5.2.1 Perpustakaan Universitas Nasional

Perpustakaan Pusat Universitas terletak di Gedung Serba Guna Universitas Nasional. Perpustakaan menyediakan data untuk menunjang perkuliahan ataupun penelitian yang terdiri atas buku referensi/acuan, media ilmiah berupa majalah ilmiah dan jurnal, majalah umum baik nasional maupun asing, Koran berbahasa Indonesia dan asing, skripsi dan karya ilmiah atau hasil penelitian para dosen dan mahasiswa. Selain buku-buku acuan mahasiswa juga dapat mengakses berbagai sumber informasi melalui Cyber Library.

5.2.2 Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Sastra

Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Sastra terletak di Blok IV lantai 1. Perpustakaan menyediakan data untuk menunjang perkuliahan ataupun penelitian yang terdiri atas buku referensi, jurnal, prosiding, skripsi. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses Open Journal System  (OJS).

5.3 Laboratorium Bahasa

Untuk memfasilitasi ketrampilan berbahasa yang mencakup 4 kemahiran, yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara Fakultas Bahasa dan Sastra menyediakan laboratorium bahasa yang sudah menggunakan sistem digital audio visual modern.

 

BAB VI KEMAHASISWAAN

 

6.1 Himpunan Mahasiswa Program Studi

Fakultas Bahasa dan Sastra mempunyai himpunan kemahsiswaan, yaitu Himpunan Mahasiswa  Program Studi, yang terdiri atas Himpunan Mahasiswa Indonesia (HIMASINA), Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMASASING), Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang (HIMABAJA), Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea (HIMABAKOR). Himpunan Mahasiswa Program Studi dibina oleh ketua Program Studi. Komposisi kepengurusan disahkan dengan Surat Keputusan Program Studi.

 

6.2 Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra berupa kegiatan akademik dan non-akademik, terutama dalam peningkatan pengembangan penalaran, minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa.

 

6.2.1 Pola Pembinaan Mahasiswa

Sebagai upaya pemenuhan dan Penyelarasan antara Kurikulum berbasis KKNI beserta SKPI-nya, dan Pola Pembinaan Kemahasiswaan, Fakultas Bahasa dan Sastra memiliki panduan Pola Pembinaan Kemahasiswaan. Untuk itu, Pola Pembinaan Kemahasiswaan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional dibagi dalam dua pola, yaitu pola pembinaan internal dan pola pembinaan eksternal.

 

6.2.1.1  Pola Pembinaan Internal

Dalam pola pembinaan internal, Fakultas Bahasa dan Sastra melakukan  Program Kreativitas Mahasiswa dan Program Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Budaya

 

Program Kreativitas Mahasiswa

Program ini sesuai dengan Program Kemenristek Dikti yang membagi programnya ke dalam tujuh skema, yaitu

  1. PKM-P = Penelitian,
  2. PKM-T = Penerapan Teknologi,
  3. PKM-K = Kewirausahaan,
  4. PKM-M = Pengabdian pada Masyarakat,
  5. PKM-KC= Karsa Cipta,
  6. PKM-AI = Artikel Ilmiah, dan
  7. PKM-GT= Gagasan Tertulis.

 

Program Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Budaya

Dalam program ini diprioritaskan pada pencapaian prestasi melalui kompetisi dalam berbagai kreativitas seperti, menulis, memotret, menari, bermusik, dan berapresiasi sastra budaya

 

 

6.2.1.2 Pola Pembinaan Eksternal

Pola pembinaan eksternal dilakukan dengan beberapa cara, yaitu

  1. Studi banding dengan lembaga mitra baik di dalam maupun luar negeri;
  2. Kerja magang/praktik di lembaga/perusahaan baik di Indonesia maupun di Inggris, di Jepang, di Korea dan negara-negara lain.
  3. Bermitra dengan Kamar Dagang baik di Indonesia maupun di Inggris, di Jepang, di Korea dan negara-negara lain.
  4. Bermitra dengan Kedutaan Besar Negara baik di Indonesia maupun di Inggris, di Jepang, di Korea dan negara-negara lain.
  5. Mengembangkan penalaran melalui penyelenggaraan diskusi, seminar, ceramah, loka karya, penataran, pelatihan, dan bentuk lainnya yang menunjang profesionalisme dalam berpikir serta mempersiapkan keterampilan bekerja.

 

 

6.3 Kesejahteraan Mahasiswa

6.3.1 Beasiswa

Fakultas Bahasa dan Sastra mengupayakan pemberian beasiswa kepada mahasiswa melalui lembaga dan yayasan. Lembaga tersebut diantaranya adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, yayasan nonpemerintah, dan perusahaan-perusahaan.

 

 

 

 

 

6.3.2 Bimbingan dan Konseling                

Mahasiswa yang menghadapi masalah akademik dan non-akademik dapat memperoleh bimbingan dan konseling dari psikolog Universitas.

 

6.3.3 Pusat Kesehatan Mahasiswa

Universitas Nasional menyediakan poliklinik yang beroperasi dari pukul 09.00-16.00 da


n diperuntukkan bagi civitas academica yang memerlukan bantuan pelayanan kesehatan.

 

6.3.4 Ikatan Alumni

Fakultas Bahasa dan Sastra memiliki ikatan alumni sebagai sarana komunikasi baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Program Studi.