BIAYA KULIAH BAGI MAHASISWA BARU DAN PINDAHAN KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS NASIONAL DAN AKADEMI-AKADEMI NASIONAL
Tahun Akademik 2015/2016

Untuk Informasi Biaya Perkuliahan Kelas Karyawan :

KLIK DISINI

Tempat Pendaftaran

Blok I Lantai I
Universitas Nasional
Telp.: 021-7806700 Ext. 131
021-70920554
021-70930554
Fax    021-7802718

Waktu Pendaftaran : 08.00 – 16.30

Program Studi Sastra Inggris Universitas Nasional terus melakukan berbagai  usaha untuk mewujudkan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif antara sesama dosen atau pun antara  dosen dengan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta antara dosen dan mahasiswa dengan unsur pimpinan lembaga. Berbagai bentuk kegiatan telah dilakukan untuk dapat menunjang terciptanya suasana akademik tersebut adalah:

  1. Otonomi keilmuan dilaksanakan berdasarkan visi universitas, fakultas, dan program studi. Setiap kajian dan tugas perkuliahan, kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat selalu memperhatikan dan peduli terhadap perkembangan daerah yang berbasis kearifan lokal. Kemudian dosen memiliki otonomi keilmuan untuk membuat artikel ilmiah di dalam jurnal, sepertiJurnal Ilmu dan Budaya, yang terbit dua kali dalam setahun. Kemudian dosen selalu merevisi Satuan Acara Perkuliahan (SAP/RPl), Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP), bahan ajar dan handout sesuai dengan tuntutan kurikulum program studi. Pada awal proses perkuliahan dosen menjelaskan kepada mahasiswa agar sejak awal mereka mengetahui secara menyeluruh materi perkuliahan dan referensi yang digunakan serta tugas yang diberikan, sehingga para mahasiswa dapat mengikuti perkuliahannya lebih baik. Program Studi Sastra Inggris mengembangkan kualitas dan kuantitas referensi ilmiah dengan melengkapi buku-buku, jurnal dan hasil penelitian di ruangan referensi atau ruang baca minimal satu tahun sekali,
  2. Mahasiswa diberikan kekebasan akademik dengan melakukan eksplorasi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan membuat tugas-tugas, seperti pembuatan makalah, review Kemudian metode Student CenteredLearning (SCL). Setiap tugas kuliah baik secara individu maupun kelompok dipresentasikan dan didiskusikan.

Dengan demikian interaksi yang terjadi di dalam proses pembelajaran berlangsung melalui presentasi secara individu dan/atau kelompok dengan diskusi atau interaktif.

Kebebasan mimbar akademik dilaksanakan di luar perkuliahan, seperti menyelenggarakan seminar hasil penelitian dosen dan diskusi hasil penelitian mahasiswa. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan secara bekerja sama dengan  mahasiswa guna menumbuhkan kebebasan dalam menyampaikan ide, pemikiran, dan argumentasi akademik.

Penciptaan suasana akademik yang kondusif di luar proses pembelajaran yang dilakukan oleh Program Studi Sastra Inggris sangat beragam, yaitu melalui kegiatan sebagai berikut.

  • Kuliah Seminar (Seminar on Literature, Linguistics, dan Translation) yang diadakan 2 kali dalam seminggu selama satu semester. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa tentang penelitian dalam bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan.
  • Kuliah Metode Penelitian *Research Methods in Literature, Linguistics, dan Translation” yang diadakan 2 kali dalam seminggu selama satu semester. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa tentang metode penelitian dalam bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan.
  • Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (PSPT) merupakan kegiatan di awal tahun akademik baru yang bertujuan untuk memberi pengenalan dan wawasan kepada mahasiswa baru tentang kehidupan kampus.
  • Temu alumni diadakan secara insidentil guna melacak keberadaan alumni sekaligus menjadikannya sebagai media untuk mendata aktivitas yang dilakukan alumni. Selain itu, melalui kegiatan ini dibangun sarana komunikasi antara alumni dengan Program Studi dan mahasiswa aktif dengan menggunakan media sosial facebook.